Minggu, 23 September 2018

Mengenal Mikrotik Pertama Kali

Mengenal Mikrotik Pertama Kali - Mikrotik merupakan sebuah system operasi/perangkat lunak berbasis linux berfungsi sebagai router jaringan. Mikrotik memiliki fitur yang tak kalah dengan router jaringan lain, mikrotik sendiri tersedia dalam perangkat keras yang telah di build operating system/aplikasi perangkat mikrotik didalamnya. Jadi perangkat yang sering kita lihat bernama routerboard biasanya berisi aplikasi mikrotik yang sudah terinstall dari pabrikannya.


belajar mikrotik mudah


Beberapa pitur router mikrotik nanti kelak akan kita pelajari didalam blog ini, untuk sementara ini kita mengenal dahulu mikrotik itu apa dan bagaimana. Untuk cerita installasi seperti halnya ketika kita menggunakan pc sebagai router, nyaris sudah jarang kita temukan ketika menggunakan mikrotik, karena banyaknya router mikrotik yang sudah berupa board dan harganya juga lebih murah lebih dari pc, namun jika anda ingin menggunakan mikrotik sebagai router tanpa harus membeli, anda bisa menggunakan image yang telah tersedia di web mikrotik, image tersebut bisa anda gunakan tanpa harus menginstallnya, bahkan bisa mengconfigurasi layaknya jaringan besar didalam sebuah pc, dengan bantuan software emulator bernama GNS. atau bisa juga menggunakan trial iso mikrotik menggunakan virtualbox. Terserah router mikrotik yang bagaimana anda ingin gunakan.

Sebagai pengenalanan tulisan Mengenal router mikrotik pertama kali ini saya ambil berdsarkan terjemahan bebas wiki.mikrotik.com

Sesudah anda menginstall mikrotik, baik menggunakan gns virtualbox atau router aslinya ada beberapa langkah yang harus kamu tahu untuk mengconfigurasi router mikrotik. Beberapa langkah terkoneksi ke router mikrotik untuk configurasi router mikrotik adalah berikut:
  • Menggunakan CLI  (singkatan dari Command Line Interface) seperti Telnet, SSH, atau menggunakan serial kabel, atau langsung menggunakan keyboard dan monitor jika router anda memiliki VGA card dan port untuk keyboard (misalnya router mikrotik di pc).
  • Mengakses Web Gui sering di kenal dengan nama WebFig.
  • Menggunakan winbox, aplikasi winbox sebenarnya yang paling sering di gunakan untuk berkomunikasi dengan router mikrotik, dan ini aplikasi populer untuk configurasi mikrotik.

Winbox 
winbox merupakan utilitas dalam mengconfigurasi mikrotik, yang mana meremote mikrotik dapat kita lakukan via mac address, maupun lewat ip address. Untuk aplikasi winbox bisa mendownloadnya dari web resmi mikrotik. https://mikrotik.com/download
belajar mikrotik


pada gambar winbox mikrotik diatas, sesuai winbox terbaru saat tulisan Mengenal mikrotik pertama kali. Pada bagian winbox berikut kita melihat beberapa pitur yang ada.

Connect To : bagian ini biasanya akan berisi ip atau mac address dari router mikrotik yang akan kita remote. Bisa juga bagian tersebut kita isi secara otomatis dengan mengklik ip atau maccre address yang ada di bagian neighbors

Login : form ini harus kita isi dengan login router mikrotik, jika pertama kali menggunakan router mikrotik, isilah form kosong ini dengan usernam admin

Password : Form ini berisi password untuk router mikrotik, jika pertama kali di gunakan setelah installasi kosongkan saja tanpa mengisi apapun.


Add/Set : tombol untuk menyimpan connect to, login, password kedalam pc, sehingga untuk login berikutnya kita tidak perlu lagi mengisinkan form yang di berikan winbox.

Connect To Romon : tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan router monitoring overley via network (saya pribadi menyimpulkannya agar bisa meremote router mikrotik di bawah router mikrotik lain).


Neighbors : Merupakan list mac-address dan ip address dari router yang ada di jaringan kita, atau sejaringa dengan router mikrotik yang kita remote.

Saya kira bagian-bagian itu saja yang penting di kenal di winbox, untuk sisanya saya anggap anda sudah memahaminya sendiri, seperti bagian keep password, open in new window.

Jika winbox pada bagian neighbors tidak menemukan mac-address atau ip-address apapun, maka pastikanlah komputer yang anda gunakan untuk meremote mikrotik terkoneksi dengan baik dengan router, perhatikan kabel dan port ether pada router yang anda gunakan. Untuk bagian koneksi fisik seperti ini tentunya anda harus memahami tentang kabel utp maupun kabel stp. Bahkan anda sudah faham tentang warna kabel secara standar yang digunakan. Untuk bagian ini mungkin dikesampatan lain akan saya tuliskan lagi.

Quick Set dan WebFix

Seperti saya sebutkan tadi diatas diawal tulisan mengenal mikrotik pertama kali, bahwa meremote mikrotik bisa menggunakan webfix. Yakni meremote mikrotik lewat browser seperti mozilla dan chrome atau browser yang sering anda gunakan.

Untuk meremote mikrotik lewat webfix ini, tentunya kita harus mengetahui alamat ip address dari router mikrotik. Secara default (bawaan pabrik) ip address router mikrotik adalah : 192.168.88.1 silahkan membuka alamat tersebut di browser, untuk usernya adalah admin, passwordnya kosongkan saja.  Jika anda login dengan benar maka akan tampil seperti dibawah ini


webfig mikrotik

Bagian ini akan tampil, seperti halnya ketika anda meremote menggunakan winbox, dimana akan disuguhi pitur-pitur yang tersedia didalam router mikrotik. Untuk configurasi dasar mikrotik sudah saya tulis sebelumnya dengan judul cara configurasi dasar mikrotik wajib konek namun configurasi mikrotik yang saya tulis tersebut lewat new terminal, yang merupakan cara remote mikrotik berbasis CLI.

Remote Mikrotik dengan CLI

Command line Interface , selain menggunakan winbox, webfix lewat terminal kita juga bisa melakukan remote terhadap router mikrotik. Aplikasi yang di gunakan banyak, dan yang paling mudah anda temukan adalah dengan menggunakan ssh atau telnet, aplikasinya putty silahkan download dari internet. Demikian Mengenal Mikrotik Pertama Kali, semoga bermanfaat Salam Networking