Senin, 08 Maret 2010

Penyebab Hardisk Rusak

Sebenarnya masih bingung kenapa kok bisa tiba tiba harddisk router mikrotik, versi .3.22 tiba tiba rusak ya.

Gak ada angin gak ada hujan tau tau sudah gak di deteksi kalau harddisk sudah nempel. Paksa pagi ini bangun cepet kerjain ganti sama harddisk komputer lain sekaligus install baru versi di bawahnya 2.95. Dan syukurnya masih ada backupan configurasi mikrotik versi 2.9.27 dan pekerjaan ini tidak memakan waktu lama.

Lanjut ke configurasi squid external untuk memaksimalkan bandwith yang ada sekaligus menghemat. Agar koneksi tetap kencang dan wusshhh...!!. Sepertinya motherboard yang satu ini agak bersahabat dan landcard yang onboard pun di baca mikrotik. Tidak seperti motherboard sebelumnya yang kumat kumatan, lancard onboard kadang di deteksi terkadang tidak. Mudah mudahan saja lan card mobo yang ini tidak seperti pendahulunya.

Kemarin yah...! itu squid sejajar client. Tapi ini hari squid sejajar sama router mikrotik. Mungkin lebih ampuh dengan cara seperti ini. Seperti Ada yang komentar di postingan sebelumnya yang berjudul Install DNSMASQ ada anonymous yang meninggalkan pesan kalau dnsmasq sudah tua. Ya sudah tua..!! tapi sebenernya waktu posting itu aku gak pake DNSMASQ tapi pake Bind9 /named tapi keren juga komentar kawan kita satu ini beliau menyebut saat ini yang keren soal dnsan adalah PDNSD tadi pengen coba juga gimana nikmatnya PDNSD yang katanya di akui dunia.


Mungkin karena listrik yang sering padam mendadak beberapa hari ini, hingga menyebabkan hardisk seagate harus istirahat selamanya, atau memang sudah saatnya dia istirahat. Seagate baracuda 40GB teronggok tanpa tau pasti apa penyebab rusaknya.