الأحد، 12 فبراير 2012

Mengoptimalkan Modem EVDO Smart

Mandailing Natal - Mengoptimalkan Modem EVDO Smart - Saya sebenernya bingung, apa pantas judulnya cara Mengoptimalkan Modem EVDO Smart dengan isinya, mengoptimalkan modem evdo, tapi baiklah kita sebut saja judulnya mengoptimalkan modem evdo smartfren, meskipun tidak pantas.

  • Pilih Mode Jaringan EVDO

Karena jaringan dengan mode evdo, pengantar dan transmisi data lebih besar, seperti yang tertera di modemnya sekitar Download 3,1Mbps dan uploadnya 1.8Mbps. Terus Evdo itu apa ya? saya juga bingung, tapi baiklah...!!  jangan sebut kita main internet kalau kita tidak mendapatkan arti yang kita ingin tau, bukankah ada tante seksi bernama wikipedia disana, sebagai tempat bertanya apa itu arti dari EVDO.

Evdo(Evolution Data Optimized), adalah sebuah standar pada wireless broadband berkecepatan tinggi. EVDO satu dari dua macam standar utama nirkabel Generasi ke-3 atau 3G. adapun standar yang lainnya adalah W-CDMA.Itu kata tante wikipedia, brarti EVDO dapat di simpulkan standar koneksi wireless berkecepatan tinggi untuk CDMA, kalau GSM mungkin itu yang di sebut HDSPA. Apa pula HDSPA itu ?? udah...!! cari sanahh ada tante wikipedia tuh!!.

Berarti jelas, untuk mode jaringan kita pilih EVDO lebih baik, secara default modem Smartfren aktif dalam mode HYBRID, yang artinya mode jaringan modem kita aktif dalam dua mode, yaitu mode 1x  dan mode EVDO. Mode hybrid merupakan mode yang mirip dalam konsep loadbalancing dalam sebuah router, yang mana jika jaringan a mati maka akan di backup oleh jaringan b, begitu juga mode hybrid. Jaringan evdo mati secara otomatis akan di alihkan pada mode jaringan 1x, jaringan 1x di smartfren, layaknya jaringan GPRS di GSM biasa, kalao tidak boleh di sebut sama. Menggunakan jaringan 1x tentu akan terasa lebih lambat timbang mode EVDO.  Bayangkan saja pipa data mode EVDO yang di janjikan provider 3MBS harus berubah ke mode 1x dengan speed sekitar 156kbps.
  • Kurangi panas Modem Smartfrend

Pemakaian yang berlebihan tentu tidak baik, apapun itu, namun terkadang kita di haruskan menggunakan sesuatu itu secara berlebihan, tanpa ada pilihan lain, penggunaan modem berlebihan misalnya terlalu lama akan menyebabkan modem smartfren menjadi panas, dengan kondisi yang panas modem akan berkurang kwalitasnya.

Untuk mengatasi panasnya modem itu banyak cara, mulai dari menggunakan plat aluminium sampai membongkar - bongkar modem, cara seperti tersebut terlalu extrim, saya tidak bisa menceritakan lebih lanjut, silahkan baca disini jika anda merasa tertarik untuk membongkar - bongkar modem anda, demi kenyamanan berinternet, cara paling mudah mengurangi panas modem smartfrend dengan memberikan kipas kecil di casing modemnya.


Atau anda memilih salah satu - jaringan yang ada, dengan arti mengurangi beban modem untuk mencari signal EVDO dan signal 1x. Pastikan signal terkuat yang di tangkap modemlah yang di gunakan, kalau di tempat anda telah support koneksi EVDO gunakanlah mode EVDO, karena seperti cerita kita diatas, tansfer data EVDO lebih besar timbang mode 1x.


Tapi bila tempat anda jauh dari pemancar jaringan EVDO smartfren cobalah ubah mode ke 1x dan bersabar menggunakan speed koneksi layaknya gprs modem sekitar 156kbps. Pilihan terakhir tentunya.
Cara mengubah Mode modem smartfrend dari Hybrid ke EVDO atau Mengubah mode dari hybrid ke 1X 
  • Pastikan koneksi anda dalam mode disconnect kemudian klik Settings dan pilih EVDO Only atau 1x klik tombol OK untuk menyimpan settingan

  •   Perkuat signal Evdo
Memperkuat signal evdo, banyak artikel kita temukan untuk memperkuat signal EVDO, seperti meletakkan sebuah adonan kue di bawah modem, mungkin prinsip memperkuat signal bisa saja benar, namun saya tidak bisa janjikan kebenarannya secara teknis. Namun yang saya yakin sekali  memperkuat signal EVDO dengan meletakkannya lebih tinggi dari tempat biasanya, untuk itu anda butuh kabel USB yang memiliki booster sebagai penguat arus listrik ke modem usb, karena jika tidak maka koneksi akan lebih parah.

  • Ubah Profil Modem SmartFrend
Secara default dan biasanya modem di setting networknya dengan name smart, number #777, user dan password smart, terkadang jaringan pada mode default terlalu padat, sehingga mengurangi kwalitas koneksi yang kita dapatkan, dan untuk itu kita harus memilih jaringan yang sedikit lebih plong, silahkan coba profile berikut:

Name : smart2
Number: *31*11111#
Username : cdma atau wap
Password : cdma atau wap


Atau

Name: smart3
Number: *98#
Username: cdma atau wap
Password: cdma atau wap


Kedua profile tersebut aktif dan bisa saya gunakan, silahkan di coba di modem anda.
Atau profile berikut namun belum saya coba saat menuliskan cara Mengoptimalkan Modem EVDO Smart.

Name: smart4
Number : 080989999
Username: telkom
Password: telkom


Kok jaringan telkom bisa di gunakan ya, hmmmm...!!.

Cara merubah profile modem smartfrend.

  • Klik Setting
  •  Klik New 
  •  Isikan Profile dan Klik tombol OK
 Jika salah satu profile atau profile default yang anda pilih terasa lelet, silahkan pilih profile yang kira-kira agak kosong, mudah-mudahan ada salah satu tempat untuk koneksi modem anda.

Semoga bermanfaat, untuk artikel penunjang lainnya silahkan search, seperti membuat antena untuk memperkuat signal modem, anda bisa baca disini atau disini

Inpirasi tulisan Mengoptimalkan Modem EVDO Smart adalah kedua blog tersebut.