Minggu, 22 Agustus 2010

Cara Melihat Hardware Lewat Ubuntu

Jasa Setting Mikrotik Murah - Mandailing Natal, Ubuntu merupakan Operating System berbasis opensource, dimana linux sendiri di buat oleh seorang mahasiswa berkebangsaan Filandia. Pembuatan linux sendiri sekitar agustus 1991, dan versi 0.01, setelah mengalami berbagai proses linux di release sekitar 5 oktober 1991 dengan versi 0.02.

Ubuntu sendiri merupakan keturunan dari linux, dimana induk dari ubuntu boleh kita sebut adalah linux debian. Ubuntu sendiri di release pada tahun 2004, dan saya waktu itu mendapatkan operating system ubuntu ini gratis dari vendornya, ya karena pada awal mereka merelease operating system ubuntu user di seluruh dunia di perkenankan untuk merequest Operating System, dan di kirim ke alamat masing-masing, dari sekian banyak orang yang dapat, saya salah satunya yang dapat kali itu.

Untuk menjalankan ataupun menggunakan operating system ubuntu, terlebih jika kita menggunakan versi server, tentunya kita harus memahami beberapa perintah penting pada operating system ubuntu server, salah satu perintah yang penting mungkin, termasuk yang paling sering kita gunakan juga pada operating system windows yakni perintah untuk melihat hadware ubuntu.

Singkatnya bagaimana cara melihat hadware ubuntu lewat terminal, terminal ini sendiri mirip terminal pada windows yang kita kenal dengan sebutan DOS. Kita bisa melihat spesifikasi perangkat keras dimana ubuntu kita terinstall.

Beberapa perintah untuk melihat type hadware komputer lewat ubuntu adalah berikut ini.

Perintah untuk melihat info cpu ubuntu termasuk processornya
cat /proc/cpuinfo
Perintah ubuntu server untuk melihat Distributor, codename di gunakan perintah
cat /etc/lsb-release

Untuk melihat versi dari linux yang kita gunakan di lakukan perintah
uname -a  

Untuk melihat hadware list yang ada
lshw|more  

Melihat Pc yang terinstall didalam komputer uubntu kita
lspci |more 

Beberapa perintah ubuntu ini secara tak langsung saya gunakan saat mengganti eth0 ubuntu ke eth1 di mesin ubuntu.

Cara Melihat Hardware Lewat Ubuntu bisa di explore lebih dalam lagi.