Selasa, 16 November 2010

Autodisable ScreenSaver Dengan Shortcut

Mandailing Natal - Autodisable ScreenSaver Dengan Shortcut - Sebenernya lagi bingung mau nulis apa. Kebetulan terlintas di benak untuk memblockir Cheat Point Blank pada warnet yang saya kelola, dan kemudian keliling keliling di searche engine hingga ketemu tulisan yang cukup menarik meski sangat basi isinya. Apalagi bagi teman teman yang suka oprek windows dan registry hal ini mungkin tak ada artinya, namun begitupun saya tetap tulis disini sebagai media untuk menyimpan dan mengingat bagaimana membuat shortcut untuk disable dan anable Screen Saver lewat registry.

Kenapa perlu mendisable screen saver, mungkin pertanyaan ini muncul di benak teman teman yang membaca ini!.

Screen saver perlu di disable ketika kita mengadakan perawan pada system windows yang berjalan, seperti defragment dan backup data. Dengan cara membuat shortcut ini bisa dengan mudah di jalankan meskipun secara manual mendisable screen saver bisa dilakukan.

Meski bisa dilakukan disable screen saver windows xp secara manual, namun ada baiknya menambah pengetahuan bagaimana mendisable screen saver lewat registry. Trik ini di tulis di web : articles.techrepublic.com silahkan berkunjung kesana untuk lebih detailnya.

To the point cara autodisable screensaver dengan shortcut registery :

  • Buka notepad lewat tombol START -> RUN -> ketik notepad
  • Paste kode berikut didalam notepad yang terbuka

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop]
"ScreenSaveActive"="0"


  • Simpan dengan nama DisableScreenSaver.reg
  • Ganti value 0 bila ingin meng - enable
Seperti umumnya nilai registery yang di beri value = 0 fungsinya untuk mendisable, dan value = 1 untuk meng-enable.

Peringatan : Mengutak atik registry sangat beresiko terhadap jalannya windows, ada baiknya sebelum bereksprimen terhadap registry, lakukan backup registry terlebih dahulu.