السبت، 4 ديسمبر 2010

Mangle Load Balancing Mikrotik 3

Loadbalancing merupakan sebuah metode untuk menggabungkan beberapa source koneksi di sebuah perangkat, loadbalancing selain sebagai perangkat lunak juga tersedia dalam bentuk perangkat keras, yang tentu saja penggunaan perangkat keras sebagai loadbalancing tidak membutuhkan skill untuk configurasi, perangkat loadbalancing biasanya sudah terconfigurasi dan tinggal menggunakan.


Selain perangkat  keras, loadbalancing juga ada berupa software yang kerap kita temui di beberapa router yang sudah siap di gunakan, salah satunya dan yang kita bahas disini adalah loadbalancing yang tersedia dalam os router mikrotik.


Mangle untuk load balancing mikrotik v3, mangle salah satu pitur dalam router yang masuk kedalam kategoris QOS (quality of service) peningkatan qualitas service dari sebuah router, yang mana mangle laodbalancing berikut merupakan mangle loadbalancing mikrotik v3.

add chain=prerouting action=mark-connection new-connection-mark=jalur-satu\
passthrough=yes connection-state=new in-interface=ether5-squid nth=2,2

add chain=prerouting action=mark-routing new-routing-mark=satu passthrough=no\
in-interface=ether5-squid connection-mark=jalur-satu

add chain=prerouting action=mark-connection new-connection-mark=jalur-dua\
passthrough=yes connection-state=new in-interface=ether5-squid nth=1,1

add chain=prerouting action=mark-routing new-routing-mark=dua passthrough=no\
in-interface=ether5-squid connection-mark=jalur-dua

Setelah rule mangle load balancing ini dibuat, pada bagian route arahkan getway ke paket yang ada yang disebut jalur-satu dan jalur-2 masing masing line speedynya.

Karena tanpa pengaturan di route ini, load balancing tidak akan berjalan.
urutkan sesuai barisnya dan sesuaikan nama ethernetnya. Ether5-squid bila tanpa squid ganti dengan ether LAN, tapi bila ada squid sejajar mikrotik buat in-interfacenya ke ether arah squid.