Senin, 02 Mei 2011

Install Gammu Sms Getway

Smsgeyway ternyata banyak bertebaran di dunia maya, tinggal mau tidaknya dalam mencari.Ada sms getway versi berbayar ada juga yang opensource. Pertama kali coba smsgetway jatuh pilihan pada smslib tapi sayang susahnya nauzubillah:(, kemudian beralih ke GAMMU dan memang ini lebih mudah dari pada smslib.



Soal install gammu, hanya perlu beberapa langkah, pertama sekali harus mengetahui port modem dan speed yang di gunakan, yang mana cara untuk mengetahui port dan speed modem yang di gunakan dapat di lihat dari My computer ->properties-> hardware -> device manager ->modem, kemudian klik kanan nama modemnya -> pilih properties. Lihat port dan speed yang di gunakan.

Setelah mengetahui port dan speed nya modem, ubah configurasi gammurc dan masukkan port dan speed pada bagiannya masing masing :
misalnya :
[gammu]
port = com6:
connection = at9600
cukup kedua baris itu saja yang di edit pada gammurc kemudian simpan di directory gammunya saya menyimpannya di C:\gammu\bin (karena hasil extract download gammu saya simpan di C:\ )

Untuk melihat benar tidaknya configurasi buka dos command (klik tombol start -> pilih run -> ketikkan cmd

Kemudian masuk ke directory gammu\bin, dengan perintah
cd gammu\bin
Lalu berikan perintah
gammu --identify
Bila yang di tampilkan adalah informasi modem dan ime handpone berarti setting gammurc nya sudah benar, dan sekarang gilirannya untuk ngetest kirim sms.

perintahnya :
gammu --sendsms TEXT nomorhptujuan -text "Pesan Yang Dikirim"

Contohnya :
gammu --sendsms TEXT 081259595 -text "Test Sms Getway" 
Namun perlu di perhatikan bila command gammu tidak berjalan pada windows yang di gunakan, setting terlebih dahulu Environment Variable lewat my computer -> properties->Advanced

isi
path
pada environtment variable dengan
C:\gammu\bin;

Untuk gammunya sendiri download di http://wammu.eu