الأربعاء، 8 أغسطس 2012

Cara Upgrade Mikrotik ke Versi 5

Cara upgrade software router mikrotik rb750 kadang kala router mikrotik yang kita gunakan softwarenya sudah sangat tua, mungkin ada pada versi 2.xx atau 3.xx. Banyak tutorial kita temukan tentang settingan mikrotik yang bagus, namun settingan tersebut tidak berjalan sebagai mana mestinya di router mikrotik kita. Atau mungkin kita ingin membuat settingan seperti settingan mikrotik yang kita temukan di web jasa setting mikrotik. Namun beberapa rule tidak mau berjalan seperti semestinya.




Dan bisa jadi memang karena tutorial jasa setting mikrotik yang kita gunakan, tidak sesuai dan kompetibel dengan router os yang kita gunakan. Untuk mengatasi hal itu perlu kiranya kita untuk mengupgrade software /os router board mikrotiknya.

Cara upgrade router os mikrotik rb750 :

Pastikan routerboard anda type berapa, rb750 atau rb450 atau seri yang lain. Anggap saja seri yang akan saya upgrade adalah rb750 dan kemudian download file npk disini http://www.mikrotik.com/download.html

langkah upgrade dan update router os mikrotik rb 750
  • Pada DEVICE -> pilih RB 700Series
  • Dan download file routeros-mipsbe-5.19.npk
  • Hasil download upload ke dalam menu file Mikrotik terserah bagaimana cara anda menguploadnya, boleh menggunakan software ftp, boleh drag langsung dari komputer kedalam mikrotik, atau cara-cara lainnya.
  • Reboot mikrotiknya
  • Lihat apakah versi os mikrotik telah berubah.

Ternyata mudah kan cara upgrade routerboard mikrotik rb750 ke versi yang lebih tinggi