الاثنين، 3 ديسمبر 2012

Cara Blok Situs Di Router Mikrotik

Cara Blok Situs Di Router Mikrotik - cara memblok situs  web menggunakan router mikrotik, kadang ada saja alasan kita untuk memblok beberapa situs yang tidak pantas didalam jaringan, boleh jadi situs yang kita ingin blokir dengan mikrotik misalnya situs judi, atau porno, atau mungkin situs lain yang memang kita anggap harus di blokir dengan mikrotik.

Ada beberapa cara untuk memblok sebuah situs menggunakan router mikrotik, salah satunya menggunakan fitur yang ada di webproxy mikrotik, teknik ini berfungsi jika webproxy di enable, atau singkatnya webproxy mikrotik di gunakan sebagai proxy internet.Namun jika webproxy ini di disable maka jangan harap blok situs yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik.
Cara kedua, memblok situs dengan proxy external, dengan menggunakan fitur acl di squid proxy external.

Cara ketiga menggunakan menu -IP -> firewall ->Filter mikrotik, nah cara ketiga ini yang akan kita gunakan untuk blok situs dengan router mikrotik.

Cara blok situs dengan router mikrotik tanpa layer 7 menggunakan ip -> firewall -> Filter, dalam kasus ini kita contohkan situs yang ingin kita blok

  • Buka winbox, cara buka winbox terserah anda bagaimana.
  • Klik Ip -> Firewall -> Filter 

  • Klik tanda + yang berwarna merah
  • Tab General - Chain : Forward 
  • Tab Advanced - content : tube8
  • Tab Action - action: drop

Mudakan ?!.. blok situs menggunakan mikrotik, jika anda ingin memblok sebuah port di mikrotik dengan teknik yang sama anda bisa lakukan juga, misalnya blok port yahoo messenger dengan mikrotik,  atau jika ingin menggunakan layer 7 dalam memblok Ym (yahoo messenger) bisa menggunakan cara memblok ym dengan layer7