الجمعة، 28 مارس 2014

No valid repository found FreeBSD

Jasa Setting Mikrotik - Jasa Setting Proxy Warnet, Sebagai penyedia jasa setting mikrotik dan jasa setting proxy warnet, maupun jasa setting proxy hotspot tak bisa di hindarkan untuk tidak langsung terjun kelapangan terlebih lagi jika yang setting jauhnya di luar pulau, seperti ketika saya setting mikrotik serta setting proxy sebuah penyedia jasa koneksi internet ataupun sering di sebut penyedia jasa hotspot di papua.



Membuat saya harus melakukan setting dari jarak jauh menggunakan software winbox dan putty.  Untuk memudahkan pekerjaan jasa setting proxy hotspot Papua saya harus menginstall Os (Operating System) FreeBsd yang bisa di lakukan secara remote dari jauh.

Secara teknis untuk menginstall proxy saya lebih suka menggunakan Os FreeBSD, kerena penyedia hotspot cukup mendownload iso freebsd yang ukurannya 100mb kemudian memburningnya ke CD sebagai cd booting, lalu melakukan booting dengan cd booting freebsd tersebut ke komputer yang akan di jadikan proxy, selanjutnya tinggal tugas saya untuk menginstall dan menconfigurasinya dari jarak jauh.

Jelas menggunakan os FreeBSD ini lebih mudah, lebih cepat, lebih efesien. Dan tidak merepotkan anda penyedia hotspot untuk berpikir bagaimana harus menginstall os linux yang rumit seperti Ubuntu, IPFire dan lain - lainnya. Sehingga anda cukup masukkan cd booting, dan menunggu aba-aba untuk mengeluarkan cd tersebut.

Terkait dengan freebsd ini, belakngan ini saya sudah 2 kali menemukan masalah yang sama, saat mengupdate dan menginstall paket pendukung installasi proxy seperti automake, autoconf, gmake dan libtool. Permasalahan yang saya jumpai adalah masalah yang sama

root@81:/root # pkg install autoconfig
Updating repository catalogue
No valid repository found.
root@81:/root # pkg upgrade
Updating repository catalogue
No valid repository found.
root@81:/root # pkg2ng
Converting packages from /var/db/pkg
Analysing shared libraries, this will take a while... done
root@81:/root # pkg upgrade
Updating repository catalogue
No valid repository found.
root@81:/root # pkg upgrade -fy
Updating repository catalogue
No valid repository found.

Paket apapun yang di install hasilnya tetap sama dengan pesan Updating repository catalogue No valid repository found.

Untuk mengatasi masalah Updating repository catalogue No valid repository found. saya mencoba mencari solusinya di internet, dan ALHAMDULILLAH Step yang saya lakukan adalah seperti di bawah in.

Pertama saya coba menghapus file /usr/local/etc/pkg.conf namun masalah masih tetap sama Updating repository catalogue No valid repository found.

root@81:/root # rm -rf /usr/local/etc/pkg.conf
root@81:/root # pkg install autoconfig
Updating repository catalogue
No valid repository found.
Kemudian saya membuat file baru di /usr/local/etc/pkg/repos/FreeBSD.conf

root@81:/root # ee /usr/local/etc/pkg/repos/FreeBSD.conf

Kemudian memasukkan code berikut didalam file FreeBSD.conf tersebut
FreeBSD: {
FreeBSD: {
url: "http://pkg.FreeBSD.org/${ABI}/latest",
mirror_type: "srv",
enabled: "yes"
}

Lalu saya lakukan perintah update untuk repository freebsdnya

root@81:/root#pkg update && pkg upgrade 

Dengan cara inilah saya coba mengatasi masalah No valid Repository Found Freebsd. Semoga masalah No valid repository found FreeBSD yang anda alami dapat teratasi dengan cara ini.