Rabu, 15 Juli 2015

Cara Membuat Login Sudo FreeBsd

Mandiling Natal - Membuat Login Sudo FreeBSd sudo berfungsi untuk menjalankan sebuah perintah dengan level root, tanpa harus login kedalam level root itu sendiri. Tujuannya adalah untuk memberikan keamanan terhadap acess root dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, di linux ubuntu kita sering melihat perintah sudo ini untuk mengksekusi perintah-perintah di teriminal ubuntu.

Di mfsbsd kita juga bisa memberikan perintah sudo ini, yang berfungsi untuk menjalan dan mengeksekusi perintah-perintah di terminal mfsbsd setara dengan level root. Sedangkan perintah su merupakan perintah untuk menswitch satu user ke user lain atau berpindah dari user satu user lain di consol terminal ubuntu atau mfsbsd.

Karena alasan keamanan dan pembelajaran, baiklah kita akan mencoba membuat login sudo su di mfsbsd /freebsd. Sehingga user yang merupakan user biasa akan mendapat access level root dan bisa switch ke user root. Tentunya user harus sudah di masukkan kedalam /etc/sudoer
Untuk tulisan ini saya bukan bermaksud menggurui anda yang mahir linux dan freebsd. Tulisan ini hanya media pembelajaran saya sekaligus dokumentasi cara membuat login sudo su di freebsd.
Berikut cara membuat login sudo su di freebsd :
  • Pertama adduser baru di mfsbsd dengan perintah : adduser
  • Kemudian ubah group usernya dengan perintah
pw usermod username -G wheel
  • Ganti  dengan username baru kita buat tadi dengan perintah adduser.  misalnya usernya : gun maka perintah diatas di eksekusi seperti berikut pw usermod gun -G wheel
  • Kemudian install sudo dengan perintah
pkg_add -rv sudo
  • Edit isi file sudo nya

ee /usr/local/etc/sudoers

  • Sisipkan baris code ini didalam file sodoers tersebut
%wheel ALL=(ALL) ALL
  • Simpan configurasi, kemudian test login dengan user baru, dan ketikkan sudo su
Begitulah caranya membuat login sudo su di freebsd. Agar bisa di gunakan untuk keamanan ketika melakukan perintah di terminal freebsd.