الاثنين، 13 يوليو 2015

Gpart table ada0 is corrupt Operation not permitted

Mandailing Natal - Jasa setting mikrotik – Gpart table ada0 is corrupt Operation not permitted – gpart: table ‘ada0′ is corrupt: Operation not permitted , lama gak install-install mfsbsd via remote untuk proxy warnet. Ternyata jadi banyak lupa commandnya, termasuk untuk melihat partisi yang ada didalam harddisk. Ternyata setelah melihat kembali cacatan di belakang, pada tulisan cara menginstall mfsbsd /freebsd ingatan saya kembali sedikit cerah.



Hal-hal yang membuat ingatan jadi melemah ini mungkin banyak di sebabkan oleh beberapa faktor yang sangat penting, seperti kelelahan, jenuh, dan yang paling parah MALAS. Setelah melihat cacatan manis di cara menginstall mfsbsd via remote, tampilan partisi yang ada di harddisk dapat di lihat dengan baik. Tampilannya berikut ini, dengan perintah.
gpart show
Seperti yang saya lingkari warna merah, terlihat harddisk katanya corrupt, mungkin korup secara system, bukan corrupt pada fisik harddisk.Alhasil dengan pesan corrupt ini, perintah installasi juga akan sedikit bermasalah. Misalnya ketika kita mencoba menghapus partisi mfsbsd yang lama pada harddisk dengan perintah.
gpart delete -i 1 ada0
atau bisa menggunakan jurus ampuh berikut :
gpart destroy -F /dev/ada0 
Maka akan di tampilkan pesan error yang menyebutkan bahwa penghapusan itu tidak diberikan izin. Seperti pesan ini gpart: table 'ada0' is corrupt: Operation not permitted Karena baru mengalami masalah seperti ini, mau tidak mau harus mencari refrensi soal freebsd. Yang akhirnya saya dapatkan di halaman mailing list freebsd –> http://lists.freebsd.org/pipermail/freebsd-questions/2013-July/252224.html Solusinya dengan memaksa destroy pada partisi lama, harddisk. Berikut perintahnya :
gpart destroy -F ada0
Dan hasilnya terlihat di gambar berikut ini. Setelah destroy harddisk di lakukan, Installasi MFSBSD kembali dapat di lanjutkan, seperti pada langkah sebelumnya di tulisan saya cara menginstall mfsbsd freebsd via remote.< Semoga tulisan singkat mengatasi masalah gpart: table ‘ada0′ is corrupt: Operation not permitted pada harddisk mfsbsd ini bermanfaat.