الأربعاء، 15 يوليو 2015

Memberi Izin User FreeBsd Untuk Shutdown

Mandailing Natal - Memberi Access User Shutdown Proxy FreeBsd – Pada umumnya dan hampir semua system server baik unix dan linux tidak memberikan / membolehkan user melakukan perintah shutdown terhadap server mereka, dengan dalih soal keamanan, bayangkan saja jika semua user mampu dan di beri access untuk perintah shutdown / atau reboot server.



Namun mungkin di lain kondisi kita perlu rasanya untuk memberikan access terhadap seorang user untuk mengakses perintah shutdown maupun restart terhadap server proxy yang kita gunakan di warnet. Bagaimana caranya agar user yang tidak menduduki level sejajar dengan root bisa manjalankan perintah shutdown di freebsd.

Berikut caranya Memberi Access User Shutdown Proxy FreeBsd:

Pertama buat user yang di beri access untuk shutdown dan reboot server freebsdnya

adduser 
pw groupmod operator -m username
exit

Sekarang user yang kita buat sudah boleh menjalankan perintah shutdown maupun reboot server proxy warnetnya.

Untuk memberi access user menjalankan perintah tail – f /var/log/squid/access.log atau membaca isi sebuah file, maka file tersebut bisa di ubah permisionnya dengan cara

chmod 777 /var/log/squid/access.log

Cukup mudah ternyata Memberi Access User Shutdown squid Proxy FreeBsd. Untuk memberikan access shutdown user di ubuntu baca disini Cara shutdown ubuntu tanpa access root
Untuk owner warnet cara ini sangat penting apabila di butuhkan operator warnet untuk melakukan restart atau shutdown terhadap server proxy freebsd dan server proxy ubuntu server. Tentu anda tidak inginkan komputer proxy anda hidup sementara warnet anda tutup.