Senin, 30 November 2015

Memblok Ping Response Dengan Iptables

Jasa Setting Mikrotik - Jasa Setting Mikrotik Murah - Memblok Ping Response Dengan Iptables, Tidak hanya di mikrotik pitur bloking dan firewall yang ada, di router linux juga memiliki pitur atau fasilitas bloking paket, dengan memanfaatkan software firewall, dan yang paling terkenal sejauh ini yang saya tau software firewall bernama IPTABLES.



Memblok Ping Response Dengan Iptables - Pemanfaatan pitur bloking /firewall cukup mudah, namun tidak semudah juga yang di bayangkan, karena kita harus mengenali dan memahami protokol apa saja yang harus kita blok, misalnya kita ingin menutup access terhadap ping.

Ping ini yang harus kita kenali, protokol apa yang di gunakan oleh ping, dan berjalan di port berapa. Tidak hanya ping, paket-paket lainnya juga memiliki protokol masing-masing, dan juga memiliki port tersendiri.

Untuk contoh seperti saya sebut sebelumnya, paket ping harus kita kenali menggunakan protokol apa, protokol yang digunakan oleh ping adalah protokol icmp. Cara untuk memblokir access icmp (ping ) ke server linux di gunakan perintah :

IPTABLES -A INPUT -p ICMP s 0/0 -j DROP

Atau bisa juga menggunakan sedikit pitur untuk paket icmp yaitu --echo-request

IPTABLES -A INPUT -p ICMP