Kamis, 10 Maret 2016

Kill Aplikasi Yang Berjalan dengan Dos

Mandailing Natal - Kill Aplikasi Yang Berjalan dengan Dos, terkadang ketika kita bekerja dengan sebuah software, di windows 7, kita mengalami masalah yang sangat rumit, karena software yang kita gunakan hank dan tidak dapat digunakan, sialnya software terus semakin menyedot resource komputer yang kitagunakan, bahkan untuk membuka aplikasi lain juga menjadisangat susah.

Masalah tersebut tidak berhenti disitu, karena ketika sebuah aplikasi hank, tentu mungkin dari sebagian kita akan langsung berpikiran untuk menghentikan program tersebut, dan langkah yang sering kita gunakan yaitu membuka task manager, dengan menekan tombol keyboard, kombinasi CTRL + ALT + DELETE namun sayangnya ketika kita menekan tombol keyboard tersebut taskmanager juga tidak mau muncul, selidik punya selidik ternyata TASKMANAGER di disable oleh administrator komputer yang kita gunakan, sementara kita tidak memiliki akses untuk menghidupkan task manager tersebut.

Langkah langkah lain mungkin bisa kita lakukan yaitu restart, nah permasalahannya bagaimana jika kita tidak ingin merestart komputernya. Untuk mengatasi hank software dan meng-KILL software yang freeze dan tidak bisa kita matikan lewat taskmanager bawaan windows, kita bisa melakukan satu langkah lagi, yakni lewat consol DOS COMMAND, dengan perintah tasklist dan taskkill.

Bagaimana menghentikan software yang hang lewat dos command / meng-kill program yang hang lewat dos ?

Lihat nomor id proces software yang sedang hang tersebut dengan perintah tasklist

Pada gambar diatas kita melihat angka-angka di kolom PID, nah angka ini yang bisa kita gunakan untuk memberikan perintah kill terhadap proses yang sedang berlangsung.

Cara kill programnya jika kita sudah mendapatkan nomor PID

taskkill /P nomor_pid /F

contohnya kita ingin menghentikan /mematikan proses terhadap conhost.exe maka taskkill nya bisa kita buat seperti ini

taskkill /P 3796 /F 

Nah tuh si conhost.exe akan terhentikan/dimatikan seperti halnya kita mematikan process yang hang lewat task manager, bedanya hal ini dilakukan lewat terminal windows.

Beberapa opsi untuk taskkill bisa di lihat dengan perintah

taskkill /? 
Kill Aplikasi Yang Berjalan dengan Dos / menghentikan (menutup paksa) aplikasi yang berjalan dengan dos.