Skip to main content

Mengenal Ip address Komputer

Mandailing Natal - Mengenal Ip ADDRESS Komputer - IP address (singkatan dari internet protocol address), mengenal ip address artinya kita mengenal pengalamatan pada komputer. Setiap komputer harus memiliki nomor masing-masing yang nantinya akan di gunakan sebagai alamat untuk berkomunikasi, ibaratnya sebuah rumah dan alamatnya, kalau kita analogikan rumah adalah komputer dan alamat adalah ip address, tentuny jika kita ingin mengerim sebuah paket ke sebuah rumah kita harus mengetahui rumah tersebut beralamat di mana.
Begitu juga komputer, terjadinya pertukaran paket data antar komputer, terjadi karena adanya alamat (ip address). Nah pada bagian ini kita mencoba mengenal ip address komputer, IP address yang akan kita kenal tersebut ipv4. Ip address versi 4, terdiri atas 32 bit (binary digit), 32 bit tersebut terbagi atas 3 oktet yang di pisahkan tanda titik, masing masing oktet ip address ada 8 bit.

jika kita amati pengelamatan dengan angka biner diatas tentu sangat sulit untuk di kuasai, tidak cuma anda yang merasa sulit kok, saya dan orang bule yang mengenalkan ip ini juga merasa kesulitan jika penggunaan ip address komputer di buat dengan biner, untuk mengatasi itu di konversilah angka biner tersebut menjadi angka desimal. Misalnya ip address 192.168.0.192  angka desimal seperti contoh tadi tentu lebih mudah untuk di ingat dan di hapal timbang menggunakan ip address dengan angka biner.

Apakah cuma begitu mengenal ip address ?.  ya cuma memang itu, tapi perlu sedikit lagi pengenalannya agar tepat guna, dan dapat kita gunakan sesuai standarnya, untuk langkah selanjutnya kita harus mengenal ip itu lebih dalam, yang ternyata tidak hanya notasi biner saja, didalam notasi itu ada bagian-bagian yang disebut HOST Portion, dan Network Portion (porsi host dan porsi network).

Bagaimana menentukan Network Portion dan Host Portion ?

Untuk mengenal host portion dan network portion atau sering di sebut juga NETWORK ID dan HOST ID ip address, kita harus mengenal dahulu kelas dalam ip address, ip address memiliki 4 kelas utama, yaitu :
  • Ip kelas A
  • Ip kelas B
  • Ip kelas C
  • Ip kelas E
Selain kelas ip diatas ada kelas ip address lagi tidak ?

Jawabny ada, saya sering menyebutnya ip special, yaitu ip yang special di gunakan untuk kebutuhan khusus, seperti ip loopback (127.0.0.1)

Kembali ke bahasan kita, untuk mengenal network portion dan host portion ip address,  jika kita sudah mengenal kelas ip address kita tentunya bisa menentukan mana host portion dan mana network portion ip address, nah karena yang lebih sering nanti kita jumpai di lapangan adalah ip kelas C, maka kita cari tau mana network portion dan host portion pada ip address kelas C tersebut.

Perlu di ketahui bahwa, masing masing  ip diatas memiliki jumlah bit yang menentukan dia mana yang harus menjadi network id (network portion) dan host ID (host portion).
Untuk kelas C
  • 24 bit pertama dari sebelah kiri di sebut sebagai network portion (network ID)
  • 8 bit sisanya menjadi host portion (host ID).
Sebagai contoh mana network portion dan host portion pada gambar diatas kita hitung 24 bit dari sebelah kiri, itulah yang menjadi network portion, sisanya adalah host portion.
  
Lho apa lagi tuh network portion (network ID) dan host portion (host ID) ip address ?

Kalau di analogikan lagi ke seperti analog diatas, yaitu rumah dan alamatny, nah network portion bisa kita anggap sebagai nama jalan pada alamat, sedangkan host id adalah nomor rumah yang kita akan kirimi paket. (meski analoginya kurang tepat bisa di tepat-tepatkan sajalah hehehe).

Pengenalan network portion dan host portion ini sebenarnya adalah pelajaran subnetting. Tapi untuk mengenal ip address itu kita juga sekaligus mengenal subnetting, atau bisa di balik kita mengenal subnetting maka kita kenallah ip address.

Seperti saya sebutkan sebelumnya, untuk mempermudah kita mengenal dan menggunakan ip address, di gunakanlah angka desimal, angka desimal di pisahkan oleh titik, angka desimal tersebut di peroleh dari conversi angka biner yang 8 bit pada masing-masing oktet.

Untuk menghitung biner kedesimal ip address akan saya buat dalam posting berikutnya. Semoga bermanfaat. 


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Masquerade Mikrotik

Pengertian Masquerade Mikrotik - Jasa setting mikrotik - Fungsi Masquerade pada mikrotik - Masquerade mungkin bisa di artikan sebagai topeng untuk bisa terkenoneksi ke jaringan internet menggunakan ip private, atau simplenya masquerade mikrotik atau masquerade linux merupakan sebuah metode yang mengizinkan dan memperbolehkan ip private untuk terkoneksi ke internet dengan mengunakan bantuan sebuah ip public /bertopengkan sebuah ip publik. Dengan bantuan masquerade sebuah ip publik dapat mendistribusikan koneksi internet ke banyak ip private. Ip private merupakan ip address yang tidak masuk kedalam routing table router jaringan internet global. Dan ip private hanya bisa di gunakan didalam jaringan lokal. Karena ip private ini hanya bisa di gunakan dalam jaringan LAN atau local area network, maka lahirlah masquerade yang menjadi topeng agar ip private (LAN) dapat berinteraksi ke internet. Berikut ini range ip private yang sering di gunakan dijaringan lokal: 10.0.0.0 - 10.255.255.255 172.

SIUP TDP Lama Tak Perlu Diperpanjang

Permendag Baru Terbit, SIUP Tak Perlu Diperpanjang Pelaku usaha yang telah memiliki SIUP tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang karena SIUP berlaku selama perusahaan perdagangan menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan.   Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terbaru yang mengatur penghapusan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), serta Penyederhanaan prosedur dan penghapusan kewajiban biaya administrasi pembaruan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kedua Permendag baru ini memberi jaminan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha di bidang perdagangan. Mendag menegaskan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) setiap lima tahun dihapus.  "Pemerintah Ingin meningkatkan pelayanan dan kemudahan berusaha kepada seluruh pelaku usaha di bidang perdagangan," tegas Mendag Enggar dalam rilis, Kamis (23/2). (Baca Juga: Bekraf Janji Bantu Pembuatan Badan Hukum

Error 404: Not Found User Manager Mikrotik

Jasa setting hotspot mikrotik - Jika anda sedang di pusingkan ERROR 404: Not Found saat membuka user manager hotspot anda dari browser, kesalahan itu hanya sedikit saja. Anda hanya perlu merubah port http pada  IP->SERVICE ke salah satu port kosong yang anda miliki, secara default port http mikrotik adalah 80, nah anda bisa menggantinya dengan port lain, misalnya port 81, 8080, atau port berapa saja yang terbuka.