الاثنين، 26 فبراير 2018

Melihat Isi database Menggunakan CodeIgniter

Jasa Setting Mikrotik - Mandailing Natal, - Melihat Isi database Menggunakan CodeIgniter - Melihat Isi database Menggunakan CodeIgniter. Tulisan tentang cara Melihat Isi database Menggunakan Code Igniter dibuat karena menurut saya melihat isi database yang paling menarik dari pelajaran bahasa pemrograman tentunya selain Input data kedalam database menggunakan CodeIgniter, Edit isi database menggunakan codeigniter - Update isi database menggunakan codeigniter - menghapus isi database menggunakan code igniter, kadang disingkat orang dengan CRUD (create,read,update,delet).

Saya jadikan tulisan Melihat Isi database Menggunakan Code Igniter ini sebagai awal menulis tutorial (tepatnya pengalaman saya) bermain code igniter agar lebih tinggal didalam otak (maklum saja sudah tua), karena bagian ini yang paling mudah serta simple, meskipun untuk sampai kebagian ini anda harus mengenal yang namanya php, setidaknya tahu fungsi-fungsi dasar pemrograman php. Jikalau anda tidak mengetahuinya mungkin ada baiknya meninggalkan saja tulisan ini atau melupakan framework code igniter.

Seperti kita ketahui code igniter menerapkan MVC (model,view, controler). untuk memahami model view dan controller ada baiknya baca pengenalan code igniter.

Sebelumnya siapkan sebuah database mysql, dalam kasus ini saya menggunakan Aplikasi xampp, yang build didalamnya mysql,phpmyadmin dan php, untuk membuat database silahkan buka http://localhost/phpmyadmin, sebagai contoh saya membuat database bernama datasiswa dan ada satu table didalamnya tbl_siswa yang mana kolomnya berupa id_siswa,nama,alamat dan saya input manual isi masing-masing colom. Untuk input data kedalam database menggunakan code Igniter tulisannya akan menyusul.

Sebagai judul cara Melihat Isi database Menggunakan Code Igniter maka kita mulai untuk melihat database dengan code igniter. Langkah pertama dalam melihat isi database code igniter adalah dengan membuat model pada directory \aplication\model\m_dt_siswa.php

Isi file model m_dt_siswa.php

<?php 
class M_dt_siswa extends CI_Model
{
function get_data()
{
return $this->db->get('tbl_siswa');
}
}
?>

Pada code diatas $this->load->model('tbl_siswa'); berfungsi untuk mengambil data dari dalam database dimana tabel yang ingin diambil isinya adalah tbl_siswa sedangkan fungsi return adalah untuk mengembalikan data yang ditangkap pada controler yang memanggil fungsi get_data().


Buat function pada controller dalam file \aplication\controller\siswa.php

Isi file controler siswa.php

<?php
class Siswa extends CI_Controller{
function __contruct(){
parent::__construct();
$this->load->model('m_dt_siswa');
}

function l_siswa(){
$data['siswa']=$this->m_dt_siswa->get_data()->result();
$this->load->view('v_siswa',$data);
}
}
?>

Pada code diatas kita bisa lihat ada function __construct(); yang isinya parent::__construct(); $this->load->model('m_dt_siswa'); yang artinya modul ini otomatis di load setiap kali halaman ini di jalankan, atau boleh disebut otomatis akses model m_dt_siswa yang ada didalam directory \aplication\mode.

Sedangkan arti dari code $data['siswa']=$this->m_dt_siswa->get_data()->result(); berfungsi untuk memanggil fungsi get_data() pada model m_dt_siswa.php dan fungsi result(); untuk membentuk array dari data yang di ambil dari tabel database. Kemudian di parsing kehalaman v_siswa di directory \aplication\view\v_siswa.php.

Untuk cara memparsing dari controler ke halaman view akan menyusul dalam tulisan selanjutnya yang bisa di baca di Cara memparsing data dari controler ke view Code Igniter.

Berikutnya cara Melihat Isi database Menggunakan Code Igniter dengan membuat halaman view dimana halaman ini tersimpan didalam folder \aplication\view\ dan saya buat nama filenya v_siswa.php, yang isi filenya seperti berikut.


<html>
<head>
<title>Lihat Data Siswa</title>
</head>
<body>
<table>
<thead>
<th>No</th>
<th>Nama</th>
<th>Alamat</th>
</thead>
<?php foreach($siswa as $s) {?>
<tr>
<td><?php echo $s->id_siswa;?></td>
<td><?php echo $s->nama;?></td>
<td><?php echo $s->alamat;?></td>
</tr>
<?php } ?>
</table>
<body>
</html>

Code foreach($siswa as $s) berfungsi sebagai perulangan dalam menampilkan array layaknya perulangan for, namun penggunaan foreach lebih singkat dari pada for untuk memahami perulangan foreach silahkan baca disini -> memahami perulangan foreach php, variable $siswa diambil dari $data['siswa'] pada halaman controler, sedangkan $sbebas saja kita buat namanya, boleh menggunakan $x atau semacamnya.

Jika sudah silahkan diakses halaman localhost kita misalnya http://localhost/belajar/index.php/siswa/l_siswa

Demikian tulisan singkat cara Melihat Isi database Menggunakan Code Igniter, semoga menjadi amal jariah untuk saya, mohon doanya untuk keberkahan tulisan ini