التخطي إلى المحتوى الرئيسي

Mengenal Mikrotik Pertama Kali

Mengenal Mikrotik Pertama Kali - Mikrotik merupakan sebuah system operasi/perangkat lunak berbasis linux berfungsi sebagai router jaringan. Mikrotik memiliki fitur yang tak kalah dengan router jaringan lain, mikrotik sendiri tersedia dalam perangkat keras yang telah di build operating system/aplikasi perangkat mikrotik didalamnya. Jadi perangkat yang sering kita lihat bernama routerboard biasanya berisi aplikasi mikrotik yang sudah terinstall dari pabrikannya.


belajar mikrotik mudah


Beberapa pitur router mikrotik nanti kelak akan kita pelajari didalam blog ini, untuk sementara ini kita mengenal dahulu mikrotik itu apa dan bagaimana. Untuk cerita installasi seperti halnya ketika kita menggunakan pc sebagai router, nyaris sudah jarang kita temukan ketika menggunakan mikrotik, karena banyaknya router mikrotik yang sudah berupa board dan harganya juga lebih murah lebih dari pc, namun jika anda ingin menggunakan mikrotik sebagai router tanpa harus membeli, anda bisa menggunakan image yang telah tersedia di web mikrotik, image tersebut bisa anda gunakan tanpa harus menginstallnya, bahkan bisa mengconfigurasi layaknya jaringan besar didalam sebuah pc, dengan bantuan software emulator bernama GNS. atau bisa juga menggunakan trial iso mikrotik menggunakan virtualbox. Terserah router mikrotik yang bagaimana anda ingin gunakan.

Sebagai pengenalanan tulisan Mengenal router mikrotik pertama kali ini saya ambil berdsarkan terjemahan bebas wiki.mikrotik.com

Sesudah anda menginstall mikrotik, baik menggunakan gns virtualbox atau router aslinya ada beberapa langkah yang harus kamu tahu untuk mengconfigurasi router mikrotik. Beberapa langkah terkoneksi ke router mikrotik untuk configurasi router mikrotik adalah berikut:
  • Menggunakan CLI  (singkatan dari Command Line Interface) seperti Telnet, SSH, atau menggunakan serial kabel, atau langsung menggunakan keyboard dan monitor jika router anda memiliki VGA card dan port untuk keyboard (misalnya router mikrotik di pc).
  • Mengakses Web Gui sering di kenal dengan nama WebFig.
  • Menggunakan winbox, aplikasi winbox sebenarnya yang paling sering di gunakan untuk berkomunikasi dengan router mikrotik, dan ini aplikasi populer untuk configurasi mikrotik.

Winbox 
winbox merupakan utilitas dalam mengconfigurasi mikrotik, yang mana meremote mikrotik dapat kita lakukan via mac address, maupun lewat ip address. Untuk aplikasi winbox bisa mendownloadnya dari web resmi mikrotik. https://mikrotik.com/download
belajar mikrotik


pada gambar winbox mikrotik diatas, sesuai winbox terbaru saat tulisan Mengenal mikrotik pertama kali. Pada bagian winbox berikut kita melihat beberapa pitur yang ada.

Connect To : bagian ini biasanya akan berisi ip atau mac address dari router mikrotik yang akan kita remote. Bisa juga bagian tersebut kita isi secara otomatis dengan mengklik ip atau maccre address yang ada di bagian neighbors

Login : form ini harus kita isi dengan login router mikrotik, jika pertama kali menggunakan router mikrotik, isilah form kosong ini dengan usernam admin

Password : Form ini berisi password untuk router mikrotik, jika pertama kali di gunakan setelah installasi kosongkan saja tanpa mengisi apapun.


Add/Set : tombol untuk menyimpan connect to, login, password kedalam pc, sehingga untuk login berikutnya kita tidak perlu lagi mengisinkan form yang di berikan winbox.

Connect To Romon : tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan router monitoring overley via network (saya pribadi menyimpulkannya agar bisa meremote router mikrotik di bawah router mikrotik lain).


Neighbors : Merupakan list mac-address dan ip address dari router yang ada di jaringan kita, atau sejaringa dengan router mikrotik yang kita remote.

Saya kira bagian-bagian itu saja yang penting di kenal di winbox, untuk sisanya saya anggap anda sudah memahaminya sendiri, seperti bagian keep password, open in new window.

Jika winbox pada bagian neighbors tidak menemukan mac-address atau ip-address apapun, maka pastikanlah komputer yang anda gunakan untuk meremote mikrotik terkoneksi dengan baik dengan router, perhatikan kabel dan port ether pada router yang anda gunakan. Untuk bagian koneksi fisik seperti ini tentunya anda harus memahami tentang kabel utp maupun kabel stp. Bahkan anda sudah faham tentang warna kabel secara standar yang digunakan. Untuk bagian ini mungkin dikesampatan lain akan saya tuliskan lagi.

Quick Set dan WebFix

Seperti saya sebutkan tadi diatas diawal tulisan mengenal mikrotik pertama kali, bahwa meremote mikrotik bisa menggunakan webfix. Yakni meremote mikrotik lewat browser seperti mozilla dan chrome atau browser yang sering anda gunakan.

Untuk meremote mikrotik lewat webfix ini, tentunya kita harus mengetahui alamat ip address dari router mikrotik. Secara default (bawaan pabrik) ip address router mikrotik adalah : 192.168.88.1 silahkan membuka alamat tersebut di browser, untuk usernya adalah admin, passwordnya kosongkan saja.  Jika anda login dengan benar maka akan tampil seperti dibawah ini


webfig mikrotik

Bagian ini akan tampil, seperti halnya ketika anda meremote menggunakan winbox, dimana akan disuguhi pitur-pitur yang tersedia didalam router mikrotik. Untuk configurasi dasar mikrotik sudah saya tulis sebelumnya dengan judul cara configurasi dasar mikrotik wajib konek namun configurasi mikrotik yang saya tulis tersebut lewat new terminal, yang merupakan cara remote mikrotik berbasis CLI.

Remote Mikrotik dengan CLI

Command line Interface , selain menggunakan winbox, webfix lewat terminal kita juga bisa melakukan remote terhadap router mikrotik. Aplikasi yang di gunakan banyak, dan yang paling mudah anda temukan adalah dengan menggunakan ssh atau telnet, aplikasinya putty silahkan download dari internet. Demikian Mengenal Mikrotik Pertama Kali, semoga bermanfaat Salam Networking

تعليقات

المشاركات الشائعة من هذه المدونة

Pengertian Masquerade Mikrotik

Pengertian Masquerade Mikrotik - Jasa setting mikrotik - Fungsi Masquerade pada mikrotik - Masquerade mungkin bisa di artikan sebagai topeng untuk bisa terkenoneksi ke jaringan internet menggunakan ip private, atau simplenya masquerade mikrotik atau masquerade linux merupakan sebuah metode yang mengizinkan dan memperbolehkan ip private untuk terkoneksi ke internet dengan mengunakan bantuan sebuah ip public /bertopengkan sebuah ip publik. Dengan bantuan masquerade sebuah ip publik dapat mendistribusikan koneksi internet ke banyak ip private. Ip private merupakan ip address yang tidak masuk kedalam routing table router jaringan internet global. Dan ip private hanya bisa di gunakan didalam jaringan lokal. Karena ip private ini hanya bisa di gunakan dalam jaringan LAN atau local area network, maka lahirlah masquerade yang menjadi topeng agar ip private (LAN) dapat berinteraksi ke internet. Berikut ini range ip private yang sering di gunakan dijaringan lokal: 10.0.0.0 - 10.255.255.255 172.

SIUP TDP Lama Tak Perlu Diperpanjang

Permendag Baru Terbit, SIUP Tak Perlu Diperpanjang Pelaku usaha yang telah memiliki SIUP tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang karena SIUP berlaku selama perusahaan perdagangan menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan.   Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terbaru yang mengatur penghapusan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), serta Penyederhanaan prosedur dan penghapusan kewajiban biaya administrasi pembaruan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kedua Permendag baru ini memberi jaminan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha di bidang perdagangan. Mendag menegaskan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) setiap lima tahun dihapus.  "Pemerintah Ingin meningkatkan pelayanan dan kemudahan berusaha kepada seluruh pelaku usaha di bidang perdagangan," tegas Mendag Enggar dalam rilis, Kamis (23/2). (Baca Juga: Bekraf Janji Bantu Pembuatan Badan Hukum

Error 404: Not Found User Manager Mikrotik

Jasa setting hotspot mikrotik - Jika anda sedang di pusingkan ERROR 404: Not Found saat membuka user manager hotspot anda dari browser, kesalahan itu hanya sedikit saja. Anda hanya perlu merubah port http pada  IP->SERVICE ke salah satu port kosong yang anda miliki, secara default port http mikrotik adalah 80, nah anda bisa menggantinya dengan port lain, misalnya port 81, 8080, atau port berapa saja yang terbuka.