Kamis, 15 November 2018

Configurasi Robot Blogger Custom Domain

Configurasi Robot Blogger Custom Domain - menggunakan custom robot.txt blogger harus extra hati-hati, karena kesalahan custom robot.txt blogger custom domain maupun tanpa custom domain bisa menyebabkan blog tidak Index search engine dengan baik.
Seperti saya alami di blog nst.web.id Setelah heran dengan postingan yang tak kunjung di index, membuat saya harus mencari tau dimana masalahnya, dengan bantuan url inspection google search console, ya menemukan bahwa postingan tidak diberikan izin untuk di crawl search engine.

coverage google search console

Dengan keberadaan informasi tersebut, saya mencoba mengexplore lebih dalam, penyebab dari blog tidak diindex oleh search engine, dan dari informasi google search console tersebut difahami bahwa robot.txt custom domain blogger tidak memberikan izin halam blog untuk dicrawl.

Karena masalah robots.txt untuk custom domain tersebutlah yang menyebabkan saya harus menulis tentang cara Configurasi Robot Blogger Custom Domain yang benar menurut versi saya, karena pada kenyataannya 12 jam setelah saya ubah robots. Search engine google mengindex blog saya dengan baik.

Darimana kita tahu bahwa search engine seperti google telah mengindex web kita dengan baik, kita bisa mencari blog kita dengan keyword : site:https://www.nst.web.id Padahasil pencarian nantinya akan terlihat artikel-artikel yang kita post bisa dicari pada google search engine.

Nah untuk custom robots sendiri bisa kita ubah ataupun bisa kita modifikasi lewat pengaturan blogspot. Langkah mengubah configurasi robot blogger custom domain bisa diikuti cara berikut:

Langkah mengubah custom robot header tags blogger menggunakan custom domain:

Klik Settings - search preferencesCustom robots header tags