الاثنين، 19 نوفمبر 2018

Https Custom Domain Blogger Tanpa Cloudflare

https Custom Domain Blogger Tanpa Cloudflare - mengubah custom domain blogger http menjadi https ternyata bukan suatu urusan yang sulit. Kemarin nst.web.id dibuat https dari http menggunakan service cloudflare.

Namun sayang, nst.we.id beberapa kali kesulitan untuk diakses. Sehingga namerserver yang saya setting sebelumnya menggunakan service dari cloudflare saya pindahkan ke service afraid.

Seperti pengalaman saya sebelumnya, nst.web.id tidak pernah mengalami masalah, ketika masih dengan protokol http.

Alasan susahnya diakses web saya, tanpa tau masalah aslinya ada dimana, meski kadang saya menduga masalah ada di dns service provider.  Sementara saya ingin agar blog nst menggunakan protocol https.

https Custom Domain Blogger Tanpa Cloudflare


Beberapa hari lalu saya coba configurasi lagi ns pada cloudflare, tapi ujungnya halaman dari web ini tidak dapat diakses.

Lebih dari 24 jam menungggu, karena diperkirakan butuh waktu untuk reverse domain blog custom domain  ke cloudflare, tapi ternyata hasil tetap tidak dapat diakses.

Berbekal kejadian tersebut saya coba pindah managemen dnsnya ke service ns gratis yaitu afraif kembali. Dan hasilnya https dapat diakses menggunakan sertifikat milik blogger.

Padanyatanya sekarang untuk.mengubah http custom domain blogger ke https custom domain blogger tanpa cloudflare dapat dengan mudah di ubah. Tanpa harus menggunakan service ns cloudflare.

Cara mengubah https custom domain blogger tanpa cloudflare dapat dilakukan dengan cara:

Buka https://draft.blogger.com
Buka Settings - Basic.
Pada https - ubah https available menjadi yes, dan dns redirect juga menjadi yes. Kemudian simpab perubah dari draft blogger tersebut.


Cukup dengan confugarasi ini dan, arahkan domain custom blogger ke arah ns afraid pada panel domain, dan pada ns afraid arahkan cname domain blogger ke arah ghs.google.com