Skip to main content

Beberapa cara mudah meringkan Os Ubuntu

Beberapa cara mudah meringkan Os Ubuntu - sebenernya saya bingung mau membuat judul yang tepat terhadap tulisan ini, maksud saya adalah beberapa cara mudah untuk meringankan akses ketika menggunakna ubuntu desktop tentunya, sementara untuk ubuntu server, karena ubuntu server tidak memiliki dekstop tulisan ini tidak terlalu penting, namun bila ingin diaplikasikan pada ubuntu server tentunya juga tidak masalah. 




Sepertinya, barusan terbersit dalam pikiran saya, bahwa judul yang tepat untuk tulisan ini adalah Beberapa cara mudah optimasi ubuntu dekstop. Sepertinya judul ini lebih menarik, karena orang kita Indonesia ini paling tertarik sama yang namanya optimasi-optimasian.
Tidak seperti windows, yang mana secara bawaan atau builtin telah ada aplikasi defrag dan disk clean didalamnya. Namun berbeda dengan ubuntu tool tersebut tidak ada untuk melegakan harddisk yang kepenuhan. 

Lalu jika tool seperti defrag dan disk clean up milik windows tidak ada di ubuntu, bagaimana caranya kita mengosongkan harddisk yang penuh dengan sampah aplikasi, atau bagaimana caranya agar system ubuntu desktop kita selalu bersih dan fresh?.

Berikut beberapa cara mudah optimasi meringankan os ubuntu kita punya:

  • Bersihkan Apt cache dan lakukan itu secara berkala.
Bila selama ini tidak pernah membersihkan cache apt ketika ubuntu kita mendapatkan update maka kali ini layak anda lakukan perintah ini secara berkala. 

Bagaimana cara menchek berapa besar cache apt ubuntu mengisi harddisk kita. 

du -sh /var/cache/apt/archives

Untuk membersihkan cache apt tersebut perintahnya 

sudo apt-get clean atau sudo apt clean

  • Bersihkan atau hapus kernel lama yang sudah tidak di gunakan. 
Kernel lama yang sudah tidak digunakan apabila kita melakukan upgrade dan update tentunya akan memenuhi space dari harddisk, untuk itu kita perlu membersihkannya. 

Cara melihat space harddisk yang digunakan kernel ubuntu kita adalah dengang memberikan perintah 

dpkg --list 'linux-image*'

Untuk menghapus kernel yang sudah ditidak digunakan perintahnya

apt-get autoremove --purge

  • Bersihkan cache Thumbnail 
Perintah untuk memberishkan cache tumbnail dari ubuntu 

sudo rm -rf ~ /.cache/thumbnails/*

Untuk perintah mengechek thumnails ubuntu seperti berikut

du -sh ~/.cache/thumbnails


  • Hapus file dan folder yang sudah tidak digunakan.
Untuk menghapus file dan folder yang sudah tidak digunakan mungkin kamu bisa melakukannya via dekstop saja, atau bisa menggunakan perintah : sudo rm -rf nama_folder_atau_namafilenya

  • Bersihkan paket yang sudah tak lagi digunakan
Perintah termudah menghapus paket yangsudah sudah kita tidak gunakan lagi didalam sistem 

sudo apt-get autoremove
sudo apt-get autoclean atau sudo apt autoclean
  • Rajin - rajin mengupdate os ubuntu anda 
Perintah mengupdate dan upgrade os ubuntu desktop

sudo apt update && apt upgrade -y

  • Hapus Snapd 
Bagi kita mungkin yang pemula Snapd tidaklah terlalu penting, tapi bilang menganggpnya penting silahkan untuk tidak melakukan perintah ini, snapd adalah aplikasi layaknya apt-get dan apt, yang fungsinya untuk menginstall aplikasi dan mengupdatenya, jujur saja saya sendiri jarang menggunakan aplikasi ini. 

Perintah ubuntu untuk menghapus paket ini 

sudo apt-get autoremove --purge snapd

  • Hapus log journalctl 
Perintah ubuntu server/ubuntu desktop untuk melihat space yang digunakan log journalctl 

sudo journalctl --disk-usage

Cara menghapus log journalctl jika umurnya telah lebih dari satu hari lakukan perintah ini

sudo journalctl --vacuum-time=1d

Atau kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Bleachbit, stacer atau ubuntu cleaner untuk membersihkan sampah-sampah aplikasi ubuntu desktop kita. 

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Masquerade Mikrotik

Pengertian Masquerade Mikrotik - Jasa setting mikrotik - Fungsi Masquerade pada mikrotik - Masquerade mungkin bisa di artikan sebagai topeng untuk bisa terkenoneksi ke jaringan internet menggunakan ip private, atau simplenya masquerade mikrotik atau masquerade linux merupakan sebuah metode yang mengizinkan dan memperbolehkan ip private untuk terkoneksi ke internet dengan mengunakan bantuan sebuah ip public /bertopengkan sebuah ip publik. Dengan bantuan masquerade sebuah ip publik dapat mendistribusikan koneksi internet ke banyak ip private. Ip private merupakan ip address yang tidak masuk kedalam routing table router jaringan internet global. Dan ip private hanya bisa di gunakan didalam jaringan lokal. Karena ip private ini hanya bisa di gunakan dalam jaringan LAN atau local area network, maka lahirlah masquerade yang menjadi topeng agar ip private (LAN) dapat berinteraksi ke internet. Berikut ini range ip private yang sering di gunakan dijaringan lokal: 10.0.0.0 - 10.255.255.255 172.

SIUP TDP Lama Tak Perlu Diperpanjang

Permendag Baru Terbit, SIUP Tak Perlu Diperpanjang Pelaku usaha yang telah memiliki SIUP tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang karena SIUP berlaku selama perusahaan perdagangan menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan.   Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terbaru yang mengatur penghapusan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), serta Penyederhanaan prosedur dan penghapusan kewajiban biaya administrasi pembaruan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kedua Permendag baru ini memberi jaminan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha di bidang perdagangan. Mendag menegaskan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) setiap lima tahun dihapus.  "Pemerintah Ingin meningkatkan pelayanan dan kemudahan berusaha kepada seluruh pelaku usaha di bidang perdagangan," tegas Mendag Enggar dalam rilis, Kamis (23/2). (Baca Juga: Bekraf Janji Bantu Pembuatan Badan Hukum

Error 404: Not Found User Manager Mikrotik

Jasa setting hotspot mikrotik - Jika anda sedang di pusingkan ERROR 404: Not Found saat membuka user manager hotspot anda dari browser, kesalahan itu hanya sedikit saja. Anda hanya perlu merubah port http pada  IP->SERVICE ke salah satu port kosong yang anda miliki, secara default port http mikrotik adalah 80, nah anda bisa menggantinya dengan port lain, misalnya port 81, 8080, atau port berapa saja yang terbuka.