Jumat, 20 Agustus 2010

Mengganti eth0 ke eth1 ubuntu

Mandailing Natal - Jasa setting mikrotik - Mengganti eth0 ke eth1 ubuntu. Sesuatu bisa saja terjadi mendadak tanpa anda duga dan sadari, yang menyebabkan ethernet card di mesin ubuntu yang anda miliki harus di ganti dengan ethernet card lain. Seperti biasanya ethernet card yang di install di mesin ubuntu secara di default akan di baca jadi eth0 untuk ethernet pertama, eth1, eth2 dan eth seterusnya untuk ethernet lainnya.



Banyak hal yang menyebabkan kita harus mengganti lancard dari ubuntu server, atau misalnya kita menjalankan ulang ubuntu server yang terinstall divirtual box. seperti ketika mesin yang di virtualbox kita pindahkan ke virtualbox lainnya, artinya mesin ubuntu kita sudah berubah hardwarenya, maka kita perlu dan harus mengubah nama interface pada system ubuntunya, karena secara default seperti datas bahwa nama interface kita akan di berikan nama eth0 dan seterusnya.

Karena nama eth0 sudah tertanamm di system. Ubuntu yang di ganti atau di pindahkan dari virtualbox yang satu ke virtualbox lainnya tak akan berjalan semestinya, artinya dia akan mendetekasi lancard baru tersebut dan di berikan nama baru, yang otomatis berpengaruh pada koneksi ubuntu.

Sebenernya tanpa mengganti nama interface juga kita bisa set ulang koneksi ubuntu servernya, namun sebagai pengaetahuan cara mengganti eth0 ke nama kita, cara nama mengganti eth0 ke nama yang kita sukai bisa saja di lakukan.

Untuk chek interface yang hidup bisa kita gunakan perintah pada consol ubuntu
ifconfig -a|more eth
Namun bila anda berkeinginan mengganti eth1 menjadi eth0 di ubuntu caranya cukup mudah.

Login di mesin ubuntu anda sebagai root
edit bagian /etc/udev/rules.d/70-persistent-net.rules dengan perintah

nano cat /etc/udev/rules.d/70-persistent-net.rules

# PCI device 0x1106:0x3065 (via-rhine)
SUBSYSTEM=="net", ACTION=="add", DRIVERS=="?*", ATTR{address}=="00:19:21:ea:74:59", ATTR{type}=="1", KERNEL=="eth*", NAME="eth0"

# PCI device 0x10ec:0x8136 (r8169)
SUBSYSTEM=="net", ACTION=="add", DRIVERS=="?*", ATTR{address}=="00:01:2e:1c:85:b3", ATTR{type}=="1", KERNEL=="eth*", NAME="eth1"


Ganti nama eth1 yang saya bold ke eth0 yang anda inginkan dan disable baris pertama dengan tanda # tepat di samping tulisan SUBSYSTEM

contohnya menjadi seperti ini

#SUBSYSTEM=="net", ACTION=="add", DRIVERS=="?*", ATTR{address}=="00:19:21:ea:74:59", ATTR{type}=="1", KERNEL=="eth*", NAME="eth0"


Simpan configurasi dengan menekan CTRL + X

Agar ubuntu kembali terkoneksi sesuaikan nama interface yang di edit pada file  /etc/udev/rules.d/70-persistent-net.rules dengan nama eth yang ada di file /etc/network/interface
Selesai cara mengganti eth0 ke eth1 ubuntu