الثلاثاء، 22 فبراير 2011

Menginstall IIS di Windows Server 2008 R2

Kita dapat menggunakan Microsoft Web platform Installer (WEB PI) untuk menginstall Internet Information Service dan menjalankan aplikasi di iis dengan mudah. Bagaimanapun, bila kamu ingin menginstall MICROSOFT IIS dengan cara manual kamu bisa mengikuti panduannya, saya mereferensikan untuk membaca tulisan bule disini : http://learn.iis.net/page.aspx/26/installing-and-configuring-iis-7/

Menginstall IIS 7.5 Di Windows Server 2008 R2

IIS 7.5 adalah salah webserver yang di include didalam service server roles, IIS 7.5 dapat di install lewat grafichal user interface (GUI) menggunakan server meneger interface sesudah operating system windows server 2008 R2 di install.

Server manager menyediakan sebuah jendela (dashboard) untuk menginstall atau uninstall server roles dan features. Server manager juga memberikan list semua yang sudah terinstall roles dan pitur piturnya. Bila IIS 7 di pilih dari server manager, server dan komponen dasar yang di butuhkan untukk iis akan di pilih secara otomatis.


  • Klik Start -> All Programs -> Administrative Tools -> Server Manager.


  • Didalam Window Server Manager, scroll ke bawah untuk melihat Roles Summary, dan klik Add Roles. Add Roles adalah wizard yang akan muncul sebelum kita memulai installasi. Dan wizad ini akan menanyakan verifikasi yang akan di ikuti:
  1. Password Administrator harus kuat (password yang terdiri dari karakter huruf, angka dan karakter aneh (asterik)
  2. Configurasi Jaringan seperti Ip Address.
  3. Update terakhir dari windows update di install
  • Pilih Web Server (IIS) pada halaman Select Server Roles, sebuah halaman introduction akan terbuka dengan link informasi.
    Note: Bila kamu menggunakan Add Roles Wizard to install IIS, kamu mendapatkan installasi secara default,yang mana memiliki service role yang minimum. Jika kamu butuh tambahan role services IIS, seperti Application Development atau Health and Diagnostics, tentu saja kamu harus memilih check box pada halaman Select Role Servicesahhh lanjut nanti aja dahh..!! kalo gak baca disini :P http://learn.iis.net/page.aspx/29/installing-iis-7-on-windows-server-2008-or-windows-server-2008-r2/