Minggu, 28 Februari 2016

Cara menampilkan isi database php

Mandailing Natal - Cara menampilkan isi database php , cara mudah menampilkan isi tabel database dengan php. Pada postingan sebelumnya sudah kita buat file php untuk input data kedalam database, menggunakan php, dan html.


Tulisan ini sambung dari tulisan sebelumnya create input data kedatabase dengan php file ini merupakan sambungan dari file sebelumnya. Tidak panjang lebar, mudah-mudahan sedikit sudah di mengerti posting seblumnya untuk menginput data kedatabase dengan php.


<html>
    <head>
        <title> Lihat data </title>
    </head>
<body>
<table border="1" style="border-collapse:collapse;">
    <tr>
        <td> No </td>
        <td> Nisn </td>
        <td> Nama </td>
        <td> Action</td>
    </tr>
 
<?php include('koneksi.php');
    $lihat=mysql_query('SELECT * FROM data_siswa ORDER BY id_siswa');
       $no=1;
       while($data=mysql_fetch_array($lihat))
       {
       echo "<tr>
              <td>$no</td>
              <td>$data[nisn_siswa]</td>
              <td>$data[nama_siswa]</td>
              <td><a href='edit.php?id=".$data[id_siswa]."'>Edit </a> |
                 <a href='hapus.php?id=".$data[id_siswa]."'>Hapus </a> |
                 <a href='detail.php?id=".$data[id_siswa]."'>Detail </a>  
                 </td>            
                 </tr>";
                 $no++; 
       }
?>
</table>
</body>
</html>
Nah di bagian ini kita harus bisa membuat table, biar tampilan query database yang di tampilkan terlihat rapi, dan enak  di lihat.  Cara menampilkan isi database php semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Untuk sesi selanjutnya saya akan buat hapus_data dari database mysql dengan bahasa pemrograman php.


Tulisan Sebelumnya :
Pada code mysql_query, kita melihat option ORDER BY, option ORDER BY berfungsi untuk mengurutkan isi tabel database yang di pilih untuk di tampilkan, ORDER BY memiliki dua opsi pengurutan lagi, yakni ASCENDING dan DESCENDING.

Ascending mengurutkan isi database dari text yang paling kecil dahulu baru ke yang besar, sedangkan DESCENDING kebalikannya.

Pada kode tampilkan database mysql diatas kita melihat code mysql_fetch_array(), kode mysql_fetch_array adalah salah satu jenis perintah dalam mysql untuk menampilkan isi database secara assaosiative maupun secara numerik.

Sebenarnya perintah cara menampilkan isi database php, selain menggunakan perintah mysql_fetch_array() bisa juga menggunakan perintah mysql_fectch_row(), mysql_fetch_row () berfungsi menampilkan isi database numeric, berbeda dengan mysql_fetch_array, yang memiliki kemampuan menampilkan secara assosiative dan numeric, sedangkan mysql_fetch_row hanya mampu menampilkan secara numeric.

Trus mana yang harus, di gunakan ?.

Saya sendiri lebih menyukai mysql_fetch_array() timbang menggunakan mysql_fetch_rows() namun pilihan ini tergantung pada keinginan anda, mana yang paling disukai.


Untuk upload gambar ke database dengan php bisa di baca di tulisan saya sebelumnya -> cara upload gambar ke database mysql dengan php