Skip to main content

Memahami Variable Pemrograman

Mandailing Natal - Pengertian Variable php, Memahami Variable Pemrograman. Sebagai pemula memahami variable pemrograman tentu sangatlah penting, tidak hanya anda yang kesulitan memahami variable pemgrograman, saya juga pertama sekali sangat sulit untuk memahami maksud dan fungsi variable, pada dasarnya menurut pemahaman saya makna dan fungsi variable ini sama hampir di seluruh jenis bahasa pemrograman, baik C++, php maupun bahasa pemrograman lainnya.

Variable merupakan sebuah tempat yang di sediakan didalam memory yang dapat menyimpan data sementara baik nilainya di ketahui maupun tidak di ketahui.

Variable yang di maksud tersebut di buat didalam bahasa pemgrograman sebagai wadah penampung nilai-nilai yang akan kita proses, baik nilai data tersebut ingin di tampilkan maupun di proses dan di masukkan kedalam database.

Nilai variable ini bisa berubah ataupun tetap, tergantung kebutuhan kita dalam membuat sebuah aplikasi, variable yang di maksud ini akan menjadi tempat penyimpanan nilai suatu data yang kita input maupun yang kita masukkan secara statik didalam bahasa pemrograman, variable bisa dengan bebas kita defenisikan dengan nama apapun sesuai kebutuhan, namun ada syarat yang harus kita penuhi jika kita ingin membuat variable dalam bahasa pemgrograman php.

Syarat-syarat dalam membuat sebuah variable yang tidak boleh di langgar.

  • Setiap variable harus di awali oleh tanda dollar $
  • Karakter pertama setelah tanda $ harus di awali oleh huruf atau tanda underscore
  • Variable tidak boleh di awali dengan angka
  • Karakter ketiga setelah tanda $, huruf atau tanda _ (underscore) boleh di isi dengan angka.
Contoh penulisan variable yang benar dalam memahami variable pemgrograman php.
$_web="mandailingnatal.com";
$nama="gunawan";
$alamat_saya="padangsidimpuan";
$makanan1="nasi";

Contoh penulisan variable yang salah dalam memahami variable pemgrograman php.
$4lamat="sidimpuan"
nama="gunawan"

Dari contoh diatas secara jelas, terlihat bahwa variable $_web di gunakan untuk menampung data nama web  "mandailingnatal.com" variable seperti ini di defenisikan secara statis, variable yang dinamis juga bisa kita buat, sehingga siapapun dengan bebas boleh mengisi nilai variable tersebut untuk di gunakan lebih lanjut, baik di tampilkan maupun di simpan kedalam database.

Perlu di ingat, bahwa variable dalam pemgroaman php bersifat casesensitive, yang berarti bahwa penulisan huruf besar dan kecil nama variable akan berpengaruh terhadap program yang akan kita buat nantinya, jadi sesuaikan saja nama variable dengan keinginan kita, yang mudah kita ingat dan kita tuliskan.

Selain variable yang kita buat, mesin php juga sudah memiliki variable bawaan yang secara default sudah tertanam didalam mesin php, sehingga ketika kita membutuhkannya kita boleh dan dapat memanggilnya untuk di gunakan. Variable bawaan dalam mesin php ini di sebut juga PhP Predefined Variable, salah satu contoh variable kelak sering kita gunakan diantaranya adalah variable global seperti $_POST, $_GET, $_REQUEST, $_SERVER dan masih banyak lagi variable bawaan yang lain.

Variable-variable bawaan ini tidak boleh kita defenisikan lagi dengan nilai yang kita inginkan, sebagaimana dengan nama variable yang sebelumnya kita fahami.

Berikut ini cara untuk menampilkan nilai variabel ke browser:

<?php

$nama="Gunawan Nasution";
$alamat_saya="Padangsidimpuan:;

echo "$nama";
echo "$alamat_saya";

?>
Sekali lagi, memahami variable pemgrograman php itu sangat penting, karena dengan memahami variable ini kelak kita dapat membuat dan mengubah nilai suatu inputan, baik untuk di tampilkan ke browser maupun di proses untuk di simpan kedalam database.


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Masquerade Mikrotik

Pengertian Masquerade Mikrotik - Jasa setting mikrotik - Fungsi Masquerade pada mikrotik - Masquerade mungkin bisa di artikan sebagai topeng untuk bisa terkenoneksi ke jaringan internet menggunakan ip private, atau simplenya masquerade mikrotik atau masquerade linux merupakan sebuah metode yang mengizinkan dan memperbolehkan ip private untuk terkoneksi ke internet dengan mengunakan bantuan sebuah ip public /bertopengkan sebuah ip publik. Dengan bantuan masquerade sebuah ip publik dapat mendistribusikan koneksi internet ke banyak ip private. Ip private merupakan ip address yang tidak masuk kedalam routing table router jaringan internet global. Dan ip private hanya bisa di gunakan didalam jaringan lokal. Karena ip private ini hanya bisa di gunakan dalam jaringan LAN atau local area network, maka lahirlah masquerade yang menjadi topeng agar ip private (LAN) dapat berinteraksi ke internet. Berikut ini range ip private yang sering di gunakan dijaringan lokal: 10.0.0.0 - 10.255.255.255 172.

SIUP TDP Lama Tak Perlu Diperpanjang

Permendag Baru Terbit, SIUP Tak Perlu Diperpanjang Pelaku usaha yang telah memiliki SIUP tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang karena SIUP berlaku selama perusahaan perdagangan menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan.   Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terbaru yang mengatur penghapusan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), serta Penyederhanaan prosedur dan penghapusan kewajiban biaya administrasi pembaruan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kedua Permendag baru ini memberi jaminan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha di bidang perdagangan. Mendag menegaskan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) setiap lima tahun dihapus.  "Pemerintah Ingin meningkatkan pelayanan dan kemudahan berusaha kepada seluruh pelaku usaha di bidang perdagangan," tegas Mendag Enggar dalam rilis, Kamis (23/2). (Baca Juga: Bekraf Janji Bantu Pembuatan Badan Hukum

Error 404: Not Found User Manager Mikrotik

Jasa setting hotspot mikrotik - Jika anda sedang di pusingkan ERROR 404: Not Found saat membuka user manager hotspot anda dari browser, kesalahan itu hanya sedikit saja. Anda hanya perlu merubah port http pada  IP->SERVICE ke salah satu port kosong yang anda miliki, secara default port http mikrotik adalah 80, nah anda bisa menggantinya dengan port lain, misalnya port 81, 8080, atau port berapa saja yang terbuka.