Cara memperbaiki upgrade update kali linux lambat

Cara memperbaiki upgrade update kali linux lambat


Cara memperbaiki upgrade update kali linux lambat - Saya menginstall kalilinux di laptop menggunakan virtualbox, sekian hari kali linux yang terinstall menganggur dilaptop tanpa digunakan, akhirnya hari ini saya coba membuka dan melakukan update dan upgrade systemnya. 

Namun update dan upgrade yang dilakukan kali linux tergolong sangat lambat dan sangat lama. Bahkan speed internet dari update dan upgrade kali linux sangat kecil. 



Disisi lain saya memutar video dan lagu di youtube koneksi berjalan stabil dan kencang. Tapi update dan upgrade kali linuxnya sangat-sangat lambat dan lama, bahkan estimasi untuk ukuran file 10mb dia butuh 1 hari lebih. 

Untuk memperbaiki upgrade update ubuntu linux yang lambat ini saya melakukan perubahan pada sources.list

Bagaimana cara mengubah sources.list di kali linux?

Cara mengubah sources.list kali linux sama halnya seperti mengubah sources.list  repository ubuntu, bahkan perintah dan path filenya juga sama persis dengan ubuntu linux. 

Bagi yang tidak tahu cara mengubahnya berikut caranya. 

Pertama amankan file asli dari sources list, dengan membuat backup filenya, perintahnya:

sudo cp /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list-backup

Perintah sudo harus ditambahkan apabila login sebagai user biasa, atau user kali, tapi jika login sebagai super user, sudo tidak perlu di tambahkan. Untuk login sebagai user user kali linux / ubuntu linux perintahnya sudo -i atau sudo su

Jika backup sudah dibuat, maka file sources.list bisa kita ubah isinya. Perintahnya buka dengan text editor nano, text editor linux paling saya sukai ya nano ini. 

sudo nano /etc/apt/sources.list

Setelah file editor terbuka dengan isi file sources.list maka isinya boleh dihapus semua, atau berikan tanda komentar berupa tanda # pada tiap baris repository kali linux yang ada disana. 

Kemudian dibaris paling bawah sisipkan kode dibawah ini jika memang baris perintahnya diberi tanda komentar, atau tambahkan code dibawah ini jika baris repository didalam sources.list dihapus semuanya. Berikut repository yang saya gunakan untuk mempercepat upgrade dan update kali linux.

deb https://mirrors.ocf.berkeley.edu/kali/ kali-rolling main non-free contrib

Sehinga terlihat seperti gambar dibawah ini, jika baris-baris repository yang ada di komentari, atau hanya baris tersebut diatas yang ada jika list repository kali linuxnya di hapus. 


repository kali linux

Jika repository kali linux sudah diganti, simpan file dengan perintah CTRL +X dan tekan tombol Y untuk menyimpan.

Selanjutnya lakukan perintah update dan upgrade

sudo apt-get update && apt-get upgrade -y

atau dengan perintah lain 

sudo apt update && apt upgrade -y


Semoga Cara memperbaiki upgrade update kali linux lambat dapat mempercepat proses update dan upgrade kali linux yang kita miliki. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar