Rabu, 03 Oktober 2018

CRUD CODEIGNITER Melihat Isi Databse CodeIgniter

Crud CodeIgniter Melihat isi Database CodeIgniter - Menampilkan isi database menggunakan codeigniter cara menampilkan isi mysql dengan codeigniter. Kalau kemarin tulisannya tentang Crud CodeIgniter Input Data CodeIgniter berikutnya, cara menampilkan isi database.

Kemampuan membuat program rasanya tidak akan sempurna jikalau kemampuan kita hanya berkutat pada cara input data menggunakan codeigniter, tanpa kemampuan kita menampilkan atau melihat isi database yang sudah kita input menggunakan codeigniter tersebut. Seperti tulisan tentang codeigniter sebelumnya, kita kembali menggunakan konsep MVC (ya tentu namanya belajar codeigniter, ya basenya mvc dong.. heheh). Apa itu mvc? Jika masih bingung bisa membaca sederhana tulisan yang saya ambil dari wikipedia. Silahkan baca di Belajar Framework CodeIgniter



Baiklah, jika kemarin kita sudah memiliki Controller bernama Siswa pada file siswa.php

Pada function public function index(); isikan code berikut:

public function index(){
$data['tbl_siswa']=$this->model_data->ambil_data()->result();
$this->load->view('lihat',$data);
}

Dimana function index tersebut berfungsi untu membentuk data berupa array yang di ambil dari isi database yang dikirimkan dari hasil yang diambil data dari dalam database oleh model ambil_data.

Kemudian buat sebuah mode, bernama ambil_data() pada file model kita.

function ambil_data(){
return $this->db->get('tbl_siswa');
}

Code:

return $this->db->get('tbl_siswa');

berfungsi untuk mengambil data dari dalam database, dimana data yang diambil adalah isi tbl_siswa, data ini nanti yang akan di berikan ke fungsi yang memanggil fungsi ambil_data, yakni fungsi index didalam codeigniter kita.

Kemudian kita buat tampilan di folder view, sesuai controler yang kita gunakan, dimana filenya seperti di controller kita, adalah file lihat.php

<html>
<head>
<title>Tambah data </title>
</head>
<body>
<table>
<tr>
<td>No</td>
<td>Nama</td>
</tr>
<?php
$no=1;
foreach($tbl_siswa as $d){?>
<tr>
<td><?php echo $no++;?></td>
<td><?php echo $d->nama;?></td>
</tr>

<?php }
?>
</table>
</body>
</html>
kemudian jalankan code kita, dengan membuka url http://localhost/ci/index.php/siswa/

Mungkin tutorial codeigniter ini terasa singkat dan sangat sederhana, seperti tujuan sebelumnya tulisan tentang codeigniter ini untuk kembali menyegarkan ingatan saya, setelah hampi setahun lebih melupakannya.

Secara sederhana Crud Codeigniter melihat isi database code igniter dapat dibaca, alur codenya diatas sebagai berikut:

Controller dengan function index, akan memanggil function ambil_data pada file model_data, kemudian file model_data ini mengambil isi database, dan mengembalikan/memberikan hasil  isi database tersebut ke controller, dimana bagian yang menghandel data kembalian dari function model_data di tampung di variable $data['tbl_siswa'].

Maka isi variabel data tersebutlah yang akan di parsing oleh file lihat.php yang kita buat didalam folder views.

Semoga tulisan singkat sederhana Crud Codeigniter melihat isi database code igniter menggunakan code igniter menampilkan database bermanfaat. Cara Menampilkan Isi Database Menggunakan CodeIgniter