Skip to main content

Simulator Mikrotik Menggunakan Qemu GNS3

Simulator Mikrotik Menggunakan Qemu GNS3 - Menggunakan GNS3 simulator mikrotik tanpa harus memiliki routerboard mikrotik. Belajar jaringan menggunakan router mikrotik tidak harus memiliki router mikrotik, karena ada GNS3 sebagai simulator jaringan serta virtual komputer terringan yaitu Qemu emulator.

Karena keterbatasan resource (saya sebut begitu saja biar terasa miris hehhee). Makanya menggunakan gns3 sebagai latihan dalam memahami OSPF, ospf konon katanya mbah wikipedia maupun mbah-mbah di beberapa blog menyebut bahwa routing ospf menggunakan protokol link state
Nah apa itu protokol link state, yaitu protokol dimana proses routing membangun topologi database sendiri, begitu kata mereka, selain protokol link state, protokol routing lainnya tidak kalah mashurnya di berinama dengan distance vector . Artinya protokol distance vector yaitu dimana protokol ini menentukan proses routing berdasarkan arah dan jarak.

Dalam mempelejari protokol routing OSPF (Open Shortest Path First) saya menggunakan GNS3-1.3-13-all-in-one.exe. GNS3-1.3-13-all-in-one.exe bisa didapatkan di github, kebetulan komputer dengan operating system windows7 32bit, makanya gns3 inilah saya gunakan, bukan gns3 terbaru.

Beberapa hari saya berusaha keras agar, mikrotik.img dapat bekerja dengan baik, di GNS3 namun gagal, bahkan saya gunakan image cloud hosted router miliknya mikrotik juga tidak berjalan baik, new terminal mikrotiknya tidak dapat di jalankan dengan baik. Untuk mengatasi itu saya lakukan installasi mikrotik jadul, 5.18.

Install mikrotik lewat qemu bawaan dari GNS3, cara menginstallnya mudah sekali.

Masuk ke dos kemudian ketikkan
cd  c:\Program Files\GNS3\qemu-2.4.0
Kemudian create image mikrotiknya, virtual harddisk ini sih kalau menurut saya, silahkan didalami sendiri banyak kok artikelnya. Cara membuat image mikrotik menggunakan GNS3
c:\Program Files\GNS3\qemu-2.4.0>qemu-img.exe create -f qcow2 mikrotik.img 2G
Nanti tampil tulisan seperti berikut jika create imagenya berhasil.

Formatting 'mikrotik.img', fmt=qcow2 size=2147483648 encryption=off cluster_size=65536 lazy_refcounts=off refcount_bits=16


Langkah selanjutnya Install Mikrotik5.18.iso untuk iso mikrotik.5.18 cari saja di internet banyak kok yang menyediakannaya atau silahkan lihat di www.mikrotik.com untuk iso versi lain.

Cara install mikrotik menggunakan qemu gns3
c:\Program Files\GNS3\qemu-2.4.0>qemu-system-x86_64w.exe mikrotik.img -boot d -c
drom "mikrotik.iso"
Jika isonya ada di drive D: bisa menggunakan perintah mengeinstall mikrotik menggunakan gns3 berikut:
c:\Program Files\GNS3\qemu-2.4.0>qemu-system-x86_64w.exe mikrotik.img -boot d -c
drom "d:\mikrotik.5.18.iso"
Singkatnya sesuaikan pathnya dimana iso mikrotiknya berada. Kemudian untuk menjalankan simulator Mikrotik Menggunakan Qemu GNS3 bisa menggunakan perintah berikut, namun ini tidak terkoneksi kejaringan internet. 
c:\Program Files\GNS3\qemu-2.4.0>qemu-system-x86_64w.exe mikrotik.img -boot c
Jika ingin mikrotiknya real terkoneksi ke jaringan internet, install dahulu tun/tap dari openvpn, kemudian rubah nama virtual lancard hasil installasi openvpn.net tersebut menjadi qemu Tujuannya agar kita tidak kerepotan dan terlalu panjang dalam menuliskan ifname pada perintah dos.
qemu -L . -hda mikrotik5.img -net tap,ifname=qemu -net nic
Jika simulator mikrotik menggunakan Qemu GNS3 dengan perintah diatas, coba perintah berikut ini
qemu-system-x86_64w.exe  . -hda mikrotik5.img -net tap,ifname=qemu -net nic

Semua langkah diatas telah berjalan dengan baik, untuk langkah selanjutnya image Mikrotik harus kita buat/masukkan ke GNS3. Cara membuat/memasukkan image mikrotik ke GNS3 artikelnya sudah banyak di internet, silahkan di explorasi bagaimana caranya memasukkan image mikrotik installan kita bisa di gunakan di GNS3.

Simulator Mikrotik Menggunakan Qemu GNS3. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Masquerade Mikrotik

Pengertian Masquerade Mikrotik - Jasa setting mikrotik - Fungsi Masquerade pada mikrotik - Masquerade mungkin bisa di artikan sebagai topeng untuk bisa terkenoneksi ke jaringan internet menggunakan ip private, atau simplenya masquerade mikrotik atau masquerade linux merupakan sebuah metode yang mengizinkan dan memperbolehkan ip private untuk terkoneksi ke internet dengan mengunakan bantuan sebuah ip public /bertopengkan sebuah ip publik. Dengan bantuan masquerade sebuah ip publik dapat mendistribusikan koneksi internet ke banyak ip private. Ip private merupakan ip address yang tidak masuk kedalam routing table router jaringan internet global. Dan ip private hanya bisa di gunakan didalam jaringan lokal. Karena ip private ini hanya bisa di gunakan dalam jaringan LAN atau local area network, maka lahirlah masquerade yang menjadi topeng agar ip private (LAN) dapat berinteraksi ke internet. Berikut ini range ip private yang sering di gunakan dijaringan lokal: 10.0.0.0 - 10.255.255.255 172.

SIUP TDP Lama Tak Perlu Diperpanjang

Permendag Baru Terbit, SIUP Tak Perlu Diperpanjang Pelaku usaha yang telah memiliki SIUP tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang karena SIUP berlaku selama perusahaan perdagangan menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan.   Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terbaru yang mengatur penghapusan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), serta Penyederhanaan prosedur dan penghapusan kewajiban biaya administrasi pembaruan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kedua Permendag baru ini memberi jaminan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha di bidang perdagangan. Mendag menegaskan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) setiap lima tahun dihapus.  "Pemerintah Ingin meningkatkan pelayanan dan kemudahan berusaha kepada seluruh pelaku usaha di bidang perdagangan," tegas Mendag Enggar dalam rilis, Kamis (23/2). (Baca Juga: Bekraf Janji Bantu Pembuatan Badan Hukum

Error 404: Not Found User Manager Mikrotik

Jasa setting hotspot mikrotik - Jika anda sedang di pusingkan ERROR 404: Not Found saat membuka user manager hotspot anda dari browser, kesalahan itu hanya sedikit saja. Anda hanya perlu merubah port http pada  IP->SERVICE ke salah satu port kosong yang anda miliki, secara default port http mikrotik adalah 80, nah anda bisa menggantinya dengan port lain, misalnya port 81, 8080, atau port berapa saja yang terbuka.