Minggu, 02 Mei 2010

squid: 4: invoke-rc.d: not found

Jasa setting mikrotik - router mikrotik tanpa proxy external/tanpa proxy lusca rasanya seperti ada kekurangan terlebih koneksi internet menggunakan speedy dibawah rata-rata misalnya dengan speedy 1mbps telkomspeedy.


Koneksi pas-pasan tentunya akan membuat pelanggan internet kita akan merasa kurang puas, untuk mengatasi kekurangan tersebut muncullah solusi dengan membuat proxy external dari ubuntu server maupun dari freebsd ataupun turunannya.

Ketika menginstall lusca proxy pertama kali, saat-saat belajar mengenal lusca proxy mungkin kita akan mengalami masalah serius membingungkan plus membuat pusing kepala tujuh keliling, seperti pengalaman Saya menemui masalah invoke-rc.d not found ketika running bind9/ named/ pdnsd. Munculnya masalah id: 4: invoke-rc.d: not found setelah update squid lusca. Saat instalasi bind9 pada mesin proxy ubuntu server.

Invoke-rc.d not found error squid: 4: invoke-rc.d: not found seperti tampilan pada konsol linux mengindikasikan bahwa ada fath file tidak di temukan seperti terlihat pada pesan berikut, Ketika saya  melakukan penyegaran dns dengan merestart bind9 /named/pdnsd.


Stopping domain name service... bind9
/etc/resolvconf/update-libc.d/squid: 4: invoke-rc.d: not found


Solusi squid: 4: invoke-rc.d: not found cukup mudah, untuk mengatasi squid: 4: invoke-rc.d: not found kita harus login sebagai root di mesin proxy squid lusca kita, bisa menggunakan perintah sudo -i untuk login sebagai superuser linux debian maupun linux ubuntu server.

Kemudian edit bagian proxy squid file squid terletak /etc/resolvconf/update-libc.d/squid

nano /etc/resolvconf/update-libc.d/squid

Kemudian tambah link/fath code berikut didalam file /etc/resolvconf/update-libc.d/squid

PATH=/usr/sbin:/sbin:/usr/bin:/bin

Jadinya seperti  setelah file fath/link /etc/resolvconf/update-libc.d/squid akan terlihat seperti tulisan berikut:

#!/bin/sh
PATH=/usr/sbin:/sbin:/usr/bin:/bin
# Make squid aware of changes to resolv.conf
invoke-rc.d squid reload || true

squid: 4: invoke-rc.d: not found solusinya hanya seperti tulisan squid: 4: invoke-rc.d: not found diatas