Skip to main content

Melihat Isi database Menggunakan CodeIgniter

Jasa Setting Mikrotik - Mandailing Natal, - Melihat Isi database Menggunakan CodeIgniter - Melihat Isi database Menggunakan CodeIgniter. Tulisan tentang cara Melihat Isi database Menggunakan Code Igniter dibuat karena menurut saya melihat isi database yang paling menarik dari pelajaran bahasa pemrograman tentunya selain Input data kedalam database menggunakan CodeIgniter, Edit isi database menggunakan codeigniter - Update isi database menggunakan codeigniter - menghapus isi database menggunakan code igniter, kadang disingkat orang dengan CRUD (create,read,update,delet).



Saya jadikan tulisan Melihat Isi database Menggunakan Code Igniter ini sebagai awal menulis tutorial (tepatnya pengalaman saya) bermain code igniter agar lebih tinggal didalam otak (maklum saja sudah tua), karena bagian ini yang paling mudah serta simple, meskipun untuk sampai kebagian ini anda harus mengenal yang namanya php, setidaknya tahu fungsi-fungsi dasar pemrograman php. Jikalau anda tidak mengetahuinya mungkin ada baiknya meninggalkan saja tulisan ini atau melupakan framework code igniter.

Seperti kita ketahui code igniter menerapkan MVC (model,view, controler). untuk memahami model view dan controller ada baiknya baca pengenalan code igniter.

Sebelumnya siapkan sebuah database mysql, dalam kasus ini saya menggunakan Aplikasi xampp, yang build didalamnya mysql,phpmyadmin dan php, untuk membuat database silahkan buka http://localhost/phpmyadmin, sebagai contoh saya membuat database bernama datasiswa dan ada satu table didalamnya tbl_siswa yang mana kolomnya berupa id_siswa,nama,alamat dan saya input manual isi masing-masing colom. Untuk input data kedalam database menggunakan code Igniter tulisannya akan menyusul.

Sebagai judul cara Melihat Isi database Menggunakan Code Igniter maka kita mulai untuk melihat database dengan code igniter. Langkah pertama dalam melihat isi database code igniter adalah dengan membuat model pada directory \aplication\model\m_dt_siswa.php

Isi file model m_dt_siswa.php

<?php 
class M_dt_siswa extends CI_Model
{
function get_data()
{
return $this->db->get('tbl_siswa');
}
}
?>

Pada code diatas $this->load->model('tbl_siswa'); berfungsi untuk mengambil data dari dalam database dimana tabel yang ingin diambil isinya adalah tbl_siswa sedangkan fungsi return adalah untuk mengembalikan data yang ditangkap pada controler yang memanggil fungsi get_data().


Buat function pada controller dalam file \aplication\controller\siswa.php

Isi file controler siswa.php

<?php
class Siswa extends CI_Controller{
function __contruct(){
parent::__construct();
$this->load->model('m_dt_siswa');
}

function l_siswa(){
$data['siswa']=$this->m_dt_siswa->get_data()->result();
$this->load->view('v_siswa',$data);
}
}
?>

Pada code diatas kita bisa lihat ada function __construct(); yang isinya parent::__construct(); $this->load->model('m_dt_siswa'); yang artinya modul ini otomatis di load setiap kali halaman ini di jalankan, atau boleh disebut otomatis akses model m_dt_siswa yang ada didalam directory \aplication\mode.

Sedangkan arti dari code $data['siswa']=$this->m_dt_siswa->get_data()->result(); berfungsi untuk memanggil fungsi get_data() pada model m_dt_siswa.php dan fungsi result(); untuk membentuk array dari data yang di ambil dari tabel database. Kemudian di parsing kehalaman v_siswa di directory \aplication\view\v_siswa.php.

Untuk cara memparsing dari controler ke halaman view akan menyusul dalam tulisan selanjutnya yang bisa di baca di Cara memparsing data dari controler ke view Code Igniter.

Berikutnya cara Melihat Isi database Menggunakan Code Igniter dengan membuat halaman view dimana halaman ini tersimpan didalam folder \aplication\view\ dan saya buat nama filenya v_siswa.php, yang isi filenya seperti berikut.


<html>
<head>
<title>Lihat Data Siswa</title>
</head>
<body>
<table>
<thead>
<th>No</th>
<th>Nama</th>
<th>Alamat</th>
</thead>
<?php foreach($siswa as $s) {?>
<tr>
<td><?php echo $s->id_siswa;?></td>
<td><?php echo $s->nama;?></td>
<td><?php echo $s->alamat;?></td>
</tr>
<?php } ?>
</table>
<body>
</html>

Code foreach($siswa as $s) berfungsi sebagai perulangan dalam menampilkan array layaknya perulangan for, namun penggunaan foreach lebih singkat dari pada for untuk memahami perulangan foreach silahkan baca disini -> memahami perulangan foreach php, variable $siswa diambil dari $data['siswa'] pada halaman controler, sedangkan $sbebas saja kita buat namanya, boleh menggunakan $x atau semacamnya.

Jika sudah silahkan diakses halaman localhost kita misalnya http://localhost/belajar/index.php/siswa/l_siswa

Demikian tulisan singkat cara Melihat Isi database Menggunakan Code Igniter, semoga menjadi amal jariah untuk saya, mohon doanya untuk keberkahan tulisan ini



Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Masquerade Mikrotik

Pengertian Masquerade Mikrotik - Jasa setting mikrotik - Fungsi Masquerade pada mikrotik - Masquerade mungkin bisa di artikan sebagai topeng untuk bisa terkenoneksi ke jaringan internet menggunakan ip private, atau simplenya masquerade mikrotik atau masquerade linux merupakan sebuah metode yang mengizinkan dan memperbolehkan ip private untuk terkoneksi ke internet dengan mengunakan bantuan sebuah ip public /bertopengkan sebuah ip publik. Dengan bantuan masquerade sebuah ip publik dapat mendistribusikan koneksi internet ke banyak ip private. Ip private merupakan ip address yang tidak masuk kedalam routing table router jaringan internet global. Dan ip private hanya bisa di gunakan didalam jaringan lokal. Karena ip private ini hanya bisa di gunakan dalam jaringan LAN atau local area network, maka lahirlah masquerade yang menjadi topeng agar ip private (LAN) dapat berinteraksi ke internet. Berikut ini range ip private yang sering di gunakan dijaringan lokal: 10.0.0.0 - 10.255.255.255 172.

SIUP TDP Lama Tak Perlu Diperpanjang

Permendag Baru Terbit, SIUP Tak Perlu Diperpanjang Pelaku usaha yang telah memiliki SIUP tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang karena SIUP berlaku selama perusahaan perdagangan menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan.   Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terbaru yang mengatur penghapusan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), serta Penyederhanaan prosedur dan penghapusan kewajiban biaya administrasi pembaruan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kedua Permendag baru ini memberi jaminan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha di bidang perdagangan. Mendag menegaskan kewajiban pendaftaran ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) setiap lima tahun dihapus.  "Pemerintah Ingin meningkatkan pelayanan dan kemudahan berusaha kepada seluruh pelaku usaha di bidang perdagangan," tegas Mendag Enggar dalam rilis, Kamis (23/2). (Baca Juga: Bekraf Janji Bantu Pembuatan Badan Hukum

Error 404: Not Found User Manager Mikrotik

Jasa setting hotspot mikrotik - Jika anda sedang di pusingkan ERROR 404: Not Found saat membuka user manager hotspot anda dari browser, kesalahan itu hanya sedikit saja. Anda hanya perlu merubah port http pada  IP->SERVICE ke salah satu port kosong yang anda miliki, secara default port http mikrotik adalah 80, nah anda bisa menggantinya dengan port lain, misalnya port 81, 8080, atau port berapa saja yang terbuka.