Sabtu, 15 November 2008

Membuat ShoutBox dengan ShoutMix di Wordpress atau Blogspot

Bagaimana membuat shoutbox itu pertanyaan yang di lontarkan seorang pengunjung blog saya di medanblogger. Disini saya mau berbagi caranya, meskipun cara ini sudah menjamur di buat orang tapi tidaklah ada salahnya disini saya tulis dengan versi sendiri.
Langkah Langkahnya :

  • Daftar di http://www.shoutmix.com/
  • Dan Cari tulisan GET CODE. di bagian ini (shoutmix) kita bisa setting width dan height shoutbox yang akan tampil di blog kita seperti saya buat tetap dalam ukuran defaultnya yang berukururan width=160 dan height=400 terserah angka ini mau di buat berapa sesuaikan saja dengan sidebar sodara :)
  • Login di blog sodara, baik itu wordpress maupun blogspot. Prinsifnya tetap sama di bagian widget. Nah dalam cerita ini saya buat tentang blogspot.
  • Setelah login Blogger /blogspot di dashboard pilih Layout -> pilih Page Element
  • Pada tulisan Klik tulisan ADD WIDGET -> pilih HTML / JAVASCRIPT dan muncul kotak text Editor
  • Kembali ke Browser kita yang membuka shoutmix tadi, cari tulisan GET CODE dan klik kanan kode yang di berikan lalu pilih copy. (lakukan hal ini bila di rasa setting sudah cocok dengan keinginan, saya sendiri pilih setting default dan tidak di rubah rubah ) atau copy saja code di bawah ini dan ganti tulisan : manggatal dengan username sodara di shoutmix ini codenya
  • Buka Lagi kotak text editor yang terbuka dari mengklik tulisan ADD WIDGET lalu klik kanan dan pilih PASTE seperti gambar di bawah ini
  • Lalu tekan Tombol Save dan shoutbox anda akan tampil di sisi kanan blog sodara. Cara ini sama dengan blog yang menggunakan wodpress perbedaannya hanya di bagian dasboard kalo wordpress letaknya di menu DESIGN -> WIDGET -> klik TEXT dan PASTE kan Code yang di dapat dari shoutmix. Cara ini sama juga dengan menambah widget widget lain hanya saja code codenya yang berbeda dan bentuknya.
Selamat mencoba, silahkan tinggalkan pesan bila ada yang salah atau serasa gak ngerti. Soalnya mo mandi neh badan dah bau kuda hehhee....!!